Komnas Perempuan: Jangan Berspekulasi yang Dapat Sebabkan PC Bungkam

16 August 2022, 17:52

Selasa, 16 Agustus 2022 – 16:36 WIB

VIVA Nasional – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bekerja sama dengan Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) untuk membantu proses pemulihan istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC), yang dilaporkan mengalami pelecehan seksual dalam rangkaian peristiwa kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

PC diduga mengalami stres berat dan kondisi kejiwaannya terguncang. Beberapa kali petugas Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Komnas HAM, bahkan aparat Kepolisian berupaya meminta keterangan PC tetapi belum berhasil.

Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini mendorong penanganan pemulihan PC dilakukan oleh tim yang komprehensif.

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati (kanan) saat mendatangi Mako Brimob.

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati (kanan) saat mendatangi Mako Brimob.

“Komnas Perempuan juga mendorong penanganan pemulihan Ibu PC dilakukan oleh tim yang komprehensif, yang terdiri dari psikiater, psikolog klinis, dan tenaga kesehatan,” kata Theresia dalam keterangannya, Selasa, 16 Agustus 2022. 

Komisi, kata Theresia, mengimbau masyarakat agar bersabar dan tidak membuat spekulasi-spekulasi yang akan memengaruhi kondisi psikis istri mantan kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri itu.

“Komnas Perempuan kembali mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar menunggu hasil pemeriksaan dari pihak Kepolisian dan tim gabungan Komnas HAM-Komnas Perempuan, termasuk dengan tidak berspekulasi atau mengeluarkan tuduhan-tuduhan yang dapat menyebabkan Ibu PC bungkam atau dapat menghalangi upaya pengungkapan peristiwa,” ujarnya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1510211-komnas-perempuan-jangan-berspekulasi-yang-dapat-sebabkan-pc-bungkam

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi