Komnas Perempuan: Dugaan Pelecehan Seksual Ibu PC Perlu Diperdalam

16 August 2022, 15:51

Selasa, 16 Agustus 2022 – 15:42 WIB

VIVA Nasional – Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyatakan akan mendalami dugaan pelecehan seksual yang diduga dialami istri Irjen Ferdy Sambo, yaitu Putri Candrawathi (PC). 

Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini mengatakan pihaknya mengamati dan mengenali rujukan peraturan segala argumentasi mengenai penghentian dugaan kasus pelecehan seksual yang dialami PC. 

“Di mana dalam laporan polisi (LP) bernomor LP:B/1630/VII/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya tanggal 9 Juli 2022 tentang kejahatan terhadap kesopanan dan atau perbuatan memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dan atau kekerasan seksual, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 289 KUHP dan atau Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 4 jo Pasal 6 UU Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual,” kata Theresia Iswarini dalam keterangannya, Selasa 16 Agustus 2022.

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati (kanan) saat mendatangi Mako Brimob.

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati (kanan) saat mendatangi Mako Brimob.

Theresia juga mengatakan akan mendalami segala peristiwa yang terjadi di Magelang yang akan membantu Komisi untuk memeriksa kondisi kesehatan PC. 

“Kami berpendapat bahwa dugaan peristiwa pelecehan seksual terhadap ibu PC masih perlu diperdalam, termasuk informasi kemungkinan peristiwa di Magelang. Proses pemeriksaan ini perlu dilakukan dengan memperhatikan kondisi kesehatan yang bersangkutan,” ujar Theresia.

“Hal ini juga merujuk pada UU TPKS sehingga dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dan saat bersamaan tidak mencederai pihak yang diperiksa, dalam hal ini terduga korban pelecehan seksual,” ujarnya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1510183-komnas-perempuan-dugaan-pelecehan-seksual-ibu-pc-perlu-diperdalam

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi