Komisi II DPR RI Soroti Kapasitas SDM di Desa

30 May 2022, 17:17

Komisi II DPR RI Soroti Kapasitas SDM di Desa

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin menyoroti kapasitas sumber daya manusia menjadi hal yang perlu diperhatikan guna meningkatkan kualitas kerja yang optimal di tingkat daerah dan desa. Menurutnya, kapasitas SDM perlu menjadi perhatian bersama, baik pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

“Kita sudah bisa mapping problem pemerintahan desa, misalnya yang berkaitan dengan kualitas manusia. Saya kira skala utama yang harus menjadi perhatian bersama yang disebut SDM itu tentu yang ujung tombaknya adalah kepala desa dan perangkat desa,” kata Yanuar dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 30 Mei 2022.

Selanjutnya, jelasnya, akurasi data menjadi masalah lain yang dikeluhkan oleh kepala desa. Permasalahan ini terlihat dari berbeda atau tidak sinkronnya data yang ada di tingkat desa dengan tingkat pusat. “Saya enggak tahu di mana duduk perkara hilangnya data atau menumpuknya data. Kira-kira begitu dari bawah 300, (di) atas tinggal dua. Turun ke bawah tinggal satu, ini di mana duduk perkaranya. Tapi kalau dalam soal urusan BLT (bantuan langsung tunai), (atau) bantuan-bantuan begitu ini kan jadi masalah ke depannya,” paparnya.

Politisi PKB itu mengungkapkan, masalah lainnya yang perlu diperhatikan adalah kesejahteraan perangkat desa. Meskipun, lanjutnya, setiap desa memiliki otonomi atau kemandiriannya. Hal itu karena desa merupakan ujung tombak pemerintahan di mana masyarakat lebih dekat dan terhubung secara langsung dengan pemerintah desa.

“Jadi soal-soal kesejahteraan perangkat desa ini perlu menjadi perhatian,” tuturnya.

Terakhir, ia mengingatkan perangkat desa perlu diperkuat, sebab perangkat desa merupakan pihak yang menjembatani pemerintah kabupaten dan desa. Selain itu diharapkan perangkat di tingkat kecamatan bisa mendapatkan porsi tugas dan kewenangan yang jauh lebih mudah dibuat.


https://www.radarbangsa.com/news/38915/komisi-ii-dpr-ri-soroti-kapasitas-sdm-di-desa

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi