Kominfo Gandeng Cisco untuk Perkuat Keamanan Siber

30 May 2022, 10:45

KBRN, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) menggandeng perusahaan teknologi raksaksa di Amerika Serikat, Cisco untuk membangun dan memperkuat keamanan teknologi digital di Indonesia.

Menkominfo Johnny G Plate mengharapkan, keterlibatan Cisco dapat menjaga ruang digital tetap bersih. Di mana saat ini, Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Kemarin bertemu Cisco membicarakan tentang bagaimana cyber security khususnya technology security agar menjaga ruang digital tetap berish, apalagi di Indonesia banyak illegal fintech, kebocoran data, dan hoaks,” katanya di sela-sela pertemuan World Economy Forum di Davos, Swiss, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, keamanan siber (cyber security) menjadi pekerjaan rumah Kemkominfo, agar dapat mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Cisco disebutnya memiliki komitmen membantu pemerintah Indonesia menyiapkan teknologi yang tepat, untuk membersihkan ruang digital.

“Cisco tentu mempunyai teknologinya dan bersama-sama kita akan merumuskan pilihan teknologi yang tepat khususnya berkaitan dengan fisik, jangan sampai nanti ruang digital kita kotor,” ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan penelusuran dari Wikipedia, Cisco Systems, Inc. adalah sebuah konglomerat teknologi multinasional yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Cisco mengembangkan, memproduksi, dan menjual perangkat keras jaringan, perangkat lunak jaringan, peralatan telekomunikasi, serta produk dan jasa berteknologi tinggi lainnya.

Adapun World Economic Forum Annual Meeting merupakan konferensi tingkat tinggi yang dihadiri oleh beberapa kepala negara, pimpinan perusahaan global, pemimpin organisasi politik, penemu-penemu di bidang sains dan kebudayaan dari 90 negara.

Di Davos, Johnny telah melakukan beberapa pertemuan bilateral. Di antaranya dengan President Google Asia Pacific Scott Beaumont, Presiden Qualcomm Alex Roger, Presiden President Traveloka Caesar Indra dan Vice President Sisco Jonathan Davidson.

Sumber: Biro Humas Kementerian Kominfo


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1468706/kominfo-gandeng-cisco-untuk-perkuat-keamanan-siber?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi