Kodam Siliwangi Ungkap Penyebab Sungai Citarum di Tagogapu Berwarna Merah

30 May 2022, 21:04

Air Sungai Citarum berwarna merah disebabkan pewarna. Sumber: akun twitter @infojawabarat_

TEMPO.CO, Bandung – Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf. Arie Tri Hedhianto membenarkan video yang viral di media sosial soal aliran Sungai Citarum di Tagogapu, Bandung Barat yang terlihat berwarna merah. “Setelah dilakukan pengecekan ternyata asalnya dari karung berisi bahan pewarna merah,” kata dia, saat dihubungi Tempo, Senin, 30 Mei 2022.

Arie mengatakan, awalnya sempat menduga air sungai yang mendadak berwarna merah tersebut berasal dari limbah. Pengecekan dilakukan oleh Komandan Sektor yang bertugas mengawasi sungai tersebut dengan menyusuri sungai. Pengecekan ditemani petugas Babinsa dan Babinkamtibmas dan tokoh masyarakat setempat.

“Setelah di cek, di telusuri sungainya ternyata berasal dari karung yang berisi pewarna merah,” kata Arie.

Isi karung tersebut saat ditemukan sudah kosong. Pewarna yang berada di dalam karung tersebut yang membuat air sungai menjadi berwarna merah.

Ari mengatakan, masih belum diketahui yang menyimpan karung tersebut di pinggir sungai. “Belum tahu siapa yang menaruh di sana,” kata dia.

Video pendek beredar di media sosial yang memperlihatkan sungai yang berwarna merah. Dari keterangan pada video tersebut menyebutkan lokasinya berada di Sungai Citarum di ruas Cimerak di Desa Tagogapu, Bandung Barat.

AHMAD FIKRI


https://nasional.tempo.co/read/1596610/kodam-siliwangi-ungkap-penyebab-sungai-citarum-di-tagogapu-berwarna-merah

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi