KKB Kembali Lancarkan Aksi Brutal, KSP Minta Aparat Segera Tindak Tegas

17 September 2021, 10:59

Ilustrasi KKB.

PIKIRAN RAKYAT – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melancarkan aksi brutal dengan melakukan pembakaran pada fasilitas umum (fasum) yang berada di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyebutkan bahwa fasilitas umum yang dibakar KKB di antaranya puskesmas, rumah tenaga kesehatan, gedung SD dan SMP, rumah guru, dan balai kampung.

Ia menyebutkan bahwa KKB pimpinan Lamek Taplo telah melakukan pembakaran dan pemanahan terhadap tenaga kesehatan yang bertugas di Kiwirok.

Atas insiden tersebut, pihak kepolisian setempat menurunkan Satgas Nemangkawi untuk melakukan penegakan hukum dan akan menambah perkuatan dari Brimob Polda Papua.

Baca Juga: Nakes Dikejar KKB di Papua, Lompat ke Jurang 30 Meter, TNI Sempat Berteriak-teriak

Selain itu, Kantor Staf Kepresidenan (KSP) turut memperingatkan KKB untuk segera menghentikan aksi brutal yang tidak berperikemanusiaan kepada masyarakat sipil, serta perusakan fasilitas publik, fasilitas kesehatan, dan pendidikan di Papua.

KKB harus segera menghentikan tindakan yang sama sekali tidak memiliki rasa kemanusiaan ini. Aparat penegak hukum harus bertindak dan melakukan penegakan hukum secara tegas dan tuntas atas serangkaian aksi teror KKB,” kata Deputi V KSP Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan HAM Jaleswari Pramodhawardani.

Menurut KSP, aksi kekerasan dalam beberapa waktu terakhir yang dilakukan KKB di Papua berupa serangan dan pembakaran sejumlah fasilitas pelayanan publik seperti puskesmas, perumahan para tenaga kesehatan (nakes), gedung SD, SMP, perumahan bagi para guru, serta balai-balai warga kampung.

Sementara itu, pada Senin, 13 September 2021 atau sehari sebelumnya, KKB telah menyerang dan membakar Kantor Kas Bank Papua, pasar, puskesmas, dan SD Inpres di Kiwirok.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012615639/kkb-kembali-lancarkan-aksi-brutal-ksp-minta-aparat-segera-tindak-tegas

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi