Ketua DPRD Ingatkan Yani Wahyu Purwoko Tak Arogan Bila Dilantik jadi Walikota Jakarta Barat

16 September 2021, 15:23

Ketua DPRD Ingatkan Yani Wahyu Purwoko Tak Arogan Bila Dilantik jadi Walikota Jakarta Barat

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIRKetua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengingatkan Yani Wahyu Purwoko agar tidak bersikap arogan bila dilantik menjadi Wali Kota Administrasi Jakarta Barat.

Hal ini berkaca pada kasus ‘Camat Koboi’ yang dilakukannya ketika mengemban amanah menjadi Camat Penjaringan, Jakarta Utara pada 2015 silam.

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, pesan itu disampaikan kepada Yani saat menjalani tes kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPRD DKI Jakarta pada Rabu (15/9/2021) siang.

Sebelum rapat, anggota dewan mengaku telah memiliki catatan buruk Yani ketika menjabat sebagai Camat Penjaringan.

Baca juga: Peringati Bulan Bung Karno 2021, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Genjot Pelaksanaan Vaksinasi

Baca juga: Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono Nilai Artis FTV Ike Muti Cari Sensasi

“Pak Yani ini punya catatan buruk dan catatan kurang baik oleh kami dan hampir semua anggota dewan. Ini terkait arogansi yang pernah dilakukan,” kata Mujiyono di DPRD DKI Jakarta pada Rabu (15/9/2021).

Meski demikian, dewan akhirnya memberi kesempatan kepada Yani untuk menempati jabatan Wali Kota karena mempertimbangkan beberapa hal.

Di antaranya sikap Yani yang menjadi lebih baik di pemerintahan pasca kejadian ‘Camat Koboi’ beberapa tahun silam.

“Dia juga sudah meminta maaf, mengakui kesalahannya dan sudah bersikap baik selama ini,” ujar Mujiyono.

Baca juga: Kendalikan Amukan Covid-19, Ketua DPRD DKI: Jakarta Butuh Ketegasan dan Konsistensi

Baca juga: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi Skrining APBD DKI 2019 hingga Surplus Rp 1 Triliun (2)

Dia berharap, Yani dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jika mengulangi perbuatan serupa, kata dia, dewan bakal merekomendasikan kepada Gubernur untuk mencopot Yani dari jabatannya.

“Kami berikan kesempatan sekarang ini dengan catatan dia tidak boleh melakukan hal tersebut lagi, dan Pak Yani bilang siap,” jelasnya.

Selain Yani, Sekretaris Administrasi Jakarta Selatan Munjirin juga menjalani tes itu. Hanya saja Munjirin menjalani tes untuk jabatan Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Seperti diberitakan pada Selasa, 20 Januari 2015 silam, Camat Penjaringan Yani Wahyu Purwoko telah menodong warga Semanan, Kalideres, Jakarta Barat terkait proses penjualan tanah. Romli H. Solo selaku yang ditodong pistol airsoft gun melaporkan tindakan Yani ke Polsek Kalideres, namun belakangan laporan itu dicabut dan keduanya sepakat berdamai. (faf)


https://wartakota.tribunnews.com/2021/09/15/ketua-dprd-ingatkan-yani-wahyu-purwoko-tak-arogan-bila-dilantik-jadi-walikota-jakarta-barat

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi