Ketua DPR Minta Semua Perkuat Jati Diri Keindonesiaan

16 August 2022, 14:43

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani meminta semua pihak memperkuat jati diri keindonesiaan. Sebab, salah satu bahaya kemajuan teknologi adalah tergerusnya nilai-nilai kepribadian bangsa.

Sementara, menurutnya, ideologi transnasional belum tentu sesuai dengan jati diri keindonesiaan. Makanya, nilai-nilai agama, budaya, sopan santun, etika, toleransi, serta sikap saling menghormati yang diajarkan Pancasila harus diperkuat. 

“Saat ini kita juga berada dalam era globalisasi, era kemajuan teknologi,” katanya. “Apabila kebudayaan berkembang di wilayah Indonesia dibiarkan, maka tidak mustahil ideologi itu menjadi tuan di negeri ini.”

Namun, lanjut Puan, bukan berarti rakyat Indonesia menutup diri dengan budaya asing. “Akan tetapi dengan kepribadian jiwa bangsa yang kuat, budaya asing dapat disaring dan dilarutkan dalam kebudayaan nasional,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Puan dalam Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR-DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Sidang tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT RI Ke-77, besok.

Terkait itu, tambah Puan, semua pihak harus menyatukan semangat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan para pejuang terdahulu. Sehingga kehidupan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur dapat terwujud.

Salah satu caranya adalah dengan memperkuat kebersamaan, mempersatukan rakyat, memperkuat semangat kebangsaan Indonesia, serta membudayakan kepribadian bangsa Indonesia. “Dengan demikian, Pancasila sebagai bintang penuntun arah perjalanan bangsa, akan benar-benar menjadi energi yang mewujudkan jiwa pengabdian untuk bangsa dan negara,” ucapnya.


https://rri.co.id/nasional/politik/1584482/ketua-dpr-minta-semua-perkuat-jati-diri-keindonesiaan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi