Ketua DPR Ingatkan Tentang Risiko Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

16 August 2022, 18:32

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan tentang risiko pemulihan ekonomi pascapandemi. Puan menyampaikan itu dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023, Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Peningkatan risiko pascapandemi tersebut dinilainya dapat berpotensi menahan keberlanjutan pemulihan perekonomian global dan nasional. “Lonjakan harga komoditas strategis, kerentanan pangan, kerentanan energi dan peningkatan inflasi global, serta ancaman stagflasi,” katanya.

Ancaman tersebut, tambahnya, akan berdampak besar bagi perekonomian nasional, khususnya dari sisi fiskal dan moneter. Yakni akan mempengaruhi investasi, daya beli masyarakat, kemampuan keuangan negara, dan pemulihan ekonomi nasional.

Selain menghadapi tantangan global, imbuhnya, pembangunan nasional juga juga dihadapkan pada sejumlah tantangan dalam negeri. “Khususnya pemulihan ekonomi nasional, penyelesaian sejumlah agenda pembangunan yang tertunda, serta berbagai permasalahan struktural dalam pembangunan,” ujarnya.

Saat ini, tambahnya, Indonesia lepas dari lower middle-income country, masuk menjadi upper middle-income country. Terkait itu, pemerintah perlu terus melakukan perubahan struktural, dan menciptakan tenaga kerja terampil.

Pemerintah juga dimintanya melakukan inovasi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien, serta iklim usaha yang kondusif. “Dengan jalan ini kita patut optimis menuju High Income Country,” ucapnya.

Dalam menuju High Income Country, lanjutnya, maka postur kemakmuran ekonomi harus berubah. Sebab, kemakmuran ekonomi dirasakan oleh segenap rakyat di seluruh tanah air. 

Hal itu ditekankannya, demi memperkecil kesenjangan priramida ekonomi. “Meskipun ketimpangan ekonomi, atau gini rasio kita menunjukkan kecenderungan menurun, namun piramida ekonomi kita menunjukkan kesenjangan,” katanya.


https://rri.co.id/ekonomi/1584630/ketua-dpr-ingatkan-tentang-risiko-pemulihan-ekonomi-pascapandemi?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi