Keterisian RS Corona di Jabar Sudah 70%, Ridwan Kamil Akan Tambah 3 Ribu Bed

17 June 2021, 0:29

Keterisian RS Corona di Jabar Sudah 70%, Ridwan Kamil Akan Tambah 3 Ribu Bed

Tingkat keterisian tempat tidur bagi pasien terinfeksi virus corona di rumah sakit di Jabar sudah berada di angka lebih dari 70 persen. Untuk mengurangi keterisian, Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil mengatakan, pihaknya bakal menambah 3 ribu tempat tidur.

“Sekitar 3 ribu bed sedang kami siapkan total se-Jabar hasil penghitungan 30 persen,” kata dia di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), Kota Bandung pada Rabu (16/6).

Selain menambah tempat tidur, menurut Emil, cara lain menurunkan keterisian yakni mengalihkan kamar yang mulanya diperuntukkan bagi pasien umum jadi untuk pasien corona hingga 30 persen atau lebih.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, meninjau ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di RSUP Dr. Hasan Sadikin pada Sabtu (12/6) malam. Foto: Dok. Pemprov Jabar

“Menaikkan kapasitas untuk COVID dikonversi dari kamar yang sifatnya penyakit umum,” ujar dia.

Emil lalu mencontohkan di RSKIA. Di sana, 150 dari 370 kamar yang tersedia diperuntukkan bagi pasien corona sedangkan sisanya bagi pasien umum. Diketahui, Jabar sudah menetapkan siaga satu wilayah Bandung Raya sebab melonjaknya angka kasus dan keterisian rumah sakit.

“RSKIA dari kamar 370-an sekian yang berfungsi 150-nya itu untuk Covid lah sehingga itu di angka 40 persen lebih,” tandas dia.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi