Ketemu Teman Kuliah UGM, Jokowi Disuguhi Foto Wisuda & Kenangan Naik Gunung Kerinci

17 October 2022, 4:30

RM.id  Rakyat Merdeka – Di sela kunjungan kerjanya ke Yogyakarta, Presiden Jokowi meluangkan waktu berkumpul dengan teman-teman semasa kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) di kawasan Ambarukmo, Minggu (16/10).

Begitu tiba, Jokowi langsung merekahkan senyum dan menyalami kawannya, satu per satu. “Evi, Andriana, Tow,” kata Jokowi sambil menyalami kawan lamanya. Dilanjut ke rekan-rekan lainnya.

Salah satu topik obrolan mereka, adalah soal ijazah Jokowi yang sempat dicurigai palsu oleh netizen. Karena dianggap berbeda dengan ijazah alumni fakultas lain, pada angkatan yang sama.

 

Foto Jokowi ketika wisuda tahun 1985. (Foto: YouTube)

 

Baca Juga : Helix Lab-ILUNI UI Kembangin Inovasi Kesehatan Digital Di YogyakartaEvi yang mengenakan kerudung coklat dan blouse batik nuansa senada pun lantas menunjukkan foto wisuda Jokowi di tahun 1985. “Ini foto wisudanya asli lho. Masih ada, ini tahun 1985,” ucapnya dalam video yang diposting di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (16/10).

Jokowi yang memegang album foto itu, lantas menimpali. “Sudah pakai kacamata, saya berdirinya di belakang pula,” ujarnya, disambut gelak tawa teman-temannya.

“Waktu wisuda, Pak Jokowi itu wisudanya dengan beberapa teman angkatan. November 1985. Masuknya tahun 1980. Nah, kebetulan yang punya kamera ini orangnya,” kata Erwansyah menunjuk salah satu temannya.

Dia pun lantas menunjukkan foto ijazah yang terekam di HP-nya. “Ijazah kita tuh ya begini. Sama kita. Sama semua, gitu lho. Dekannya siapa. Rektornya siapa. Itu sama. Kalau cuma soal tulisan, itu kan selera. Mau nyeni atau nggak. Yang penting, tanda kelulusannya sah,” imbuhnya.

Perlambang

Baca Juga : Srikandi Ganjar DIY Bangun Sumur Bor Di GunungkidulFoto lain yang juga dipamerkan oleh teman-teman Jokowi adalah foto naik gunung Kerinci.

 

Presiden Jokowi semasa kuliah (kiri, duduk) ketika mendaki Gunung Kerinci di Sumatera Barat, bersama kawan-kawannya. (Foto: YouTube)

 

“Jadi, waktu ketika mendaki Gunung Kerinci bersama Pak Jokowi. Beliau adalah orang pertama yang sampai puncak. Ternyata perlambang,” ucap Erwansyah.

Klarifikasi UGM

Baca Juga : Sopir Bajaj Dan Emak-emak Kompak Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024Sebelumnya, pada Selasa (11/10), pihak UGM melalui Rektor Prof. dr. Ova Emilia menegaskan bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo, merupakan alumnus Program Studi S1 di Fakultas Kehutanan UGM angkatan tahun 1980. Dan dinyatakan lulus dari UGM pada tahun 1985, sesuai ketentuan dan bukti kelulusan yang dimiliki oleh UGM.

“Atas data dan informasi yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik, kami meyakini keaslian ijazah sarjana Ir. Joko Widodo. Yang bersangkutan, benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada,” ucapnya dalam konferensi pers di Gedung Pusat UGM, seperti dilansir situs resmi UGM, Selasa (11/10).
 Selanjutnya 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi