Kerugian Kebakaran Kios Monas Ditaksir Puluhan Miliar

1 April 2022, 11:09

KBRN, Jakarta: Ratusan kios di di area lapak kios Lenggang, IRTI Monas, Jakarta, ludes terbakar.

Akibat kebakaran yang menghanguskan sekitar 204 kios ini, ditaksir menimbulkan kerugian mencapai Rp20 miliar.

“Nilai total kerugian terakumulasi kisaran Rp 20 miliar dari nilai bangunan yang terbakar sama dagangan terbakar. Dari 204 kios itu, 24 kios kuliner dan 180 kios suvenir,” kata perwakilan Koperasi Pedagang Wisata Monas Usma ketika ditemui RRI, Kamis (31/3/2022).

Pantauan di lokasi, para pedagang yang memiliki kios di Blok D Lenggang Jakarta ini, tampak murung dan sedih akibat kebakaran tersebut. 

Tak satupun diantara mereka yang bisa memberikan keterangan, karena masih tak percaya musibah ini bisa terjadi.

“Jangan dulu mas, saya belum bisa,” ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Kios IRTI Monas Ludes Terbakar

Adapun, lokasi kebakaran berada di area belakang yang berisi kios-kios souvenir khas Jakarta. Saat RRI tiba disana, garis kuning kepolisan sudah melintang mengitari blok kios yang terbakar tersebut.

Kondisinya api memang sudah padam, namun hawa panas sisa kebakaran masih terasa, begitu juga dengan aroma kayu dan kain terbakar yang masih begitu kuat.

Selain itu, kondisi bangunan kios juga tampak rusak dan hangus tebakar. Bahkan atapnya yang terbuat dari bahan seperti seng menghitam dan sudah ambruk menyentuh dasar tanah. 

Lalu di bagian bawahnya, nampak didapati seperti barang-barang souvenir yang terbakar.

Sebelumnya, ratusan lapak souvenir dan kuliner makanan mengalami kebakaran di area Lenggang, IRTI Monas, Jakarta. Perwira Piket Pos Damkar Balai Kota DKI Jakarta Unggul Wibowo mengatakan, kebakaran terjadi pada pukul 05.20 WIB.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1407285/kerugian-kebakaran-kios-monas-ditaksir-puluhan-miliar?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi