Kerjasama BRIN dan ANRI, Penyelamatan Arsip Ilmiah Nasional

14 January 2022, 0:49

Liputan6.com, Jakarta – Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjalin kerja sama Bidang Riset dan Inovasi. Kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian dan partisipasi dalam memberikan sumbangan pada kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan kearsipan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara serta untuk membangun kerangka kerja sama yang sinergis antara dua institusi dalam meningkatkan dan memanfaatkan potensi masing-masing pihak secara optimal di bidang kearsipan.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Kamis (13/01/2022).

Imam Gunarto sangat mengapresiasi komitmen BRIN dalam meningkatkan kerjasama dan sinergitas antar Lembaga dalam rangka penyelenggaraan kearsipan.

“Saya mengapresiasi kepada BRIN dalam penyelenggaraan kearsipan mulai dari aspek pembangunan SDM, sistem kearsipan, kajian kebijakan, riset dan Inovasi, serta dapat memperkuat dunia kearsipan melalui proses riset dan inovasi sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi yaitu menjadikan Indonesia sebagai rujukan dan referensi kearsipan dunia,” ujar Imam.

Imam menambahkan, komitmen yang diberikan BRIN ini merupakan upaya menyelamatkan arsip. “Kami mengapresiasi BRIN yang terus menunjukkan komitmen untuk menyelamatkan arsip yang memiliki nilai guna pertanggungjawaban nasional,” tambah Imam.

Dalam kesempatan ini, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi wujud bahwa BRIN terus berkomitmen menjaga keselamatan dan keamanan arsip negara, Penyelamatan Arsip Ilmiah Nasional, termasuk data primer ilmiah, serta manuskrip sejarah.

“Kami juga memiliki arsip yang berpotensi memiliki nilai guna pertanggungjawaban nasional. Kami juga berencana untuk menyerahkan arsip khususnya terkait riset,” kata Handoko.

“Dengan menyerahkan salinan autentik arsip terjaga, diharapkan arsip tersebut dapat terjaga keutuhan dan keselamatannya di tangan lembaga yang profesional, yaitu di ANRI,” tambah Handoko.

Pada kesempatan yang sama ditandatangani juga Deklarasi Komitmen Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Lingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Presiden Joko Widodo melantik Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Pemerintah akan mengalokasikan dana Rp 6,1 triliun untuk keperluan riset BRIN yang fokus pada ekonomi hijau, biru, dan digital.


https://www.liputan6.com/news/read/4859097/kerjasama-brin-dan-anri-penyelamatan-arsip-ilmiah-nasional

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi