Kereta Api Bogor-Sukabumi Beroperasi Kembali Pekan Depan

3 April 2022, 20:03

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Kamis (31/3), meresmikan wajah baru Stasiun Cikarang, Jawa Barat.

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Perhubungan kembali mengoperasikan kereta api lintas Bogor-Sukabumi pada pekan depan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda rute Stasiun Paledang-Stasiun Cicurug sebelum kereta relasi tersebut aktif.

“Kami membangun jalur ganda dan melakukan sejumlah rekayasa guna mengurangi ketinggian jalur kereta agar kapasitas bertambah dan kecepatannya meningkat,” ujar Menhub Budi Karya, Ahad, 6 April 2022.

Kementerian Perhubungan membangun jalur ganda untuk kereta Bogor-Sukabumi. Pembangunan jalur ganda merupakan salah satu bagian proyek strategis nasional (PSN) yang pembiayaannya berasal dari surat berharga syariah nasional dan APBN tahun jamak.

Lintasan jalur ganda Bogor-Sukabumi memiliki panjang 57,65 kilometer spoor (km’sp). Jalur yang telah rampung digarap kini mencakup 26,6 km’sp untuk segmen Paledang Bogor-Cicurug. Sedangkan untuk segmen parsial Cicurug-Sukabumi dengan panjang 31,05 km’sp ditargetkan selesai pada tahun ini.

Adapun PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan kereta tersebut. Kehadiran kereta digadang-gadang mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang semula lebih dari 100 menit menjadi sekitar 80 menit.


https://bisnis.tempo.co/read/1578025/kereta-api-bogor-sukabumi-beroperasi-kembali-pekan-depan

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi