Kena Sanksi Uni Eropa, Rusia Tingkatkan Ekspor Minyak ke Asia

8 June 2022, 11:19

Kena Sanksi Uni Eropa, Rusia Tingkatkan Ekspor Minyak ke Asia

MerahPutih.com – Lonjakan permintaan dari pembeli Asia membuat Rusia meningkatkan ekspor minyak dari pelabuhan timur utama Kozmino. Pengiriman ini mengimbangi dampak sanksi Uni Eropa.

Moskow saat ini, mengubah rute ekspor energi dari Barat ke Asia, melalui perjalanan kapal tanker setelah sanksi Barat atas konflik di Ukraina.

Baca Juga:

Janji OPEC+ Tingkatkan Produksi Tidak Bisa Turunkan Harga Minyak

Rusia berencana mengirim tambahan 80.000 barel per hari ke Kozmino melalui kereta api dari Meget. Pasokan ini, memungkinkan Kozmino meningkatkan pemuatan keseluruhan menjadi sekitar 900.000 barel per hari di bulan-bulan mendatang, dari rata-rata sekitar 750.000 barel per hari sepanjang tahun ini.

Dilansir Antara, pada 2021, Kozmino memuat sekitar 720.000 bph (35,1 juta ton). Ekspor minyak ESPO melalui Kozmino direncanakan mencapai tertinggi sepanjang masa sekitar 880.000 barel per hari pada Juli. Kozmino saat ini memiliki kapasitas untuk menangani pemuatan hingga 1,1 juta barel per hari.

Uni Eropa mengumumkan embargonya terhadap minyak Rusia pekan lalu, dengan mengatakan akan menghentikan impor 90 persen minyak dan produk dari Rusia mulai akhir tahun.

Sementara itu, Goldman Sachs meningkatkan perkiraan harga minyak Brent sebesar USD 10 menjadi USD 135 per barel untuk periode antara paruh kedua 2022 dan paruh pertama tahun depan, dengan alasan bahwa defisit pasokan struktural masih belum terselesaikan.

Tercatat, harga minyak naik pada Selasa (7/6), dengan minyak mentah berjangka Brent di USD 120,57 per barel, karena pasar menyeimbangkan sentimen risiko dengan kekhawatiran pasokan dan prospek permintaan yang lebih tinggi karena Tiongkok melonggarkan pembatasan COVID-nya. (*)

Baca Juga:

Tekan Lonjakan Harga, Arab Saudi Janji Tingkatkan Produksi Minyak


https://merahputih.com/post/read/kena-sanksi-uni-eropa-rusia-tingkatkan-ekspor-minyak-ke-asia

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi