Kementerian Terus Berkoordinasi Sukseskan Hilirisasi Industri

17 August 2022, 10:31

KBRN, Jakarta: Kolaborasi antarkementerian terus dilakukan untuk menyukseskan hilirisasi industri. Hal itu untuk meningkatkan nilai tambah produk Indonesia. 

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto beberapa kementerian telah diajak berkolaborasi. “Kita harus kerja sama,” katanya dalam wawancara dengan Pro3 RRI, Rabu (17/8/2022). 

Di antaranya, lanjutnya, Kemenperin bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Kemenperin selalu berkoordinasi erat kalau kita berbicara soal bahan tambang kan ada Kementerian ESDM,” ujarnya. 

Selain itu, tambahnya, Kemenperin juga bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Ini untuk optimalisasi produk-produk pertanian, perikanan dan kelautan,” ucapnya. 

Bukan hanya itu, tambahnya, Kemenperin jug menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk optimalisasi hasil hutan. “Jangan sampai kayunya dari negara kita, tapi negara lain yang dapat nilai tambahnya,” katanya mengakhiri. 

Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR RI menegaskan, kesempatan membangun Indonesia inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan sangat besar. Caranya dengan hilirisasi dan industrialisasi pada sumber daya alam (SDA), guna mendongkrak nilai tambah bagi perekonomian nasional.


https://rri.co.id/ekonomi/1585783/kementerian-terus-berkoordinasi-sukseskan-hilirisasi-industri?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi