Kemenperin: Kontribusi 4,4 Juta IKM Terhadap Ekspor Masih Rendah

30 May 2022, 14:58

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita, mengatakan kontribusi 4,4 juta unit Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia belum signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya ekspor. Artinya, untuk ekspor masih didominasi oleh Perusahaan besar.

“Jadi PR kita kedepan bagaimana potensi yang ada dengan program atau kegiatan yang dikembangkan oleh Dirjen IKMA ini, bisa meningkatkan kontribusi yang jumlah populasinya begitu besar,” kata Reni dalam dalam penandatanganan kerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), melalui Program Desa Devisa, Senin (30/5/2022).

Disamping itu, Kemenperin juga memiliki tugas untuk menumbuhkan populasi IKM-IKM, sehingga bisa mewujudkan ekonomi kerakyatan. Dengan adanya program yang pihaknya kembangkan terkait dengan peningkatan daya saing dan juga penumbuhan populasi industri kecil menengah dan aneka, salah satunya melalui program Desa Devisa cluster gula semut.

Oleh karena itu, Kemenperin berkolaborasi dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melakukan penandatanganan kerjasama melalui Program Desa Devisa, untuk membangun ekosistem ekspor yang tangguh dan berkelanjutan.

Kolaborasi ini dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku industri kecil dan menengah berorientasi ekspor dalam menghadapi pasar global.  Sekaligus diresmikan Desa Devisa Klaster Gula Semut di Kabupaten Purbalingga- Jawa Tengah.

“Perlu kami sampaikan bahwa ini adalah nota kesepahaman yang kedua lanjutan dengan LPEI, dan harapan kami ke depannya nota kesepahaman kedua ini kita lebih kepada pemanfaatan dari lembaga pembiayaan ekspor Indonesia sebagai lembaga pembiayaan dan jaminan termasuk juga asuransi untuk kita sama-sama meningkatkan daya saing dari industri kecil menengah,” ujarnya.

 

Dalam Forum Ekonomi Merdeka 2022 yang digelar secara daring pada Senin (28/02), Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai UMKM berpotensi menjadi penggerakan pemulihan ekonomi, salah satunya di tengah pandemi Covid-19. Dikatakan, UMKM juga sebagai faktor …


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4974295/kemenperin-kontribusi-44-juta-ikm-terhadap-ekspor-masih-rendah

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi