Kemenkeu: Sanksi Ekonomi Negara Barat pada Rusia Menekan Negara Miskin

30 May 2022, 10:37

PIKIRAN RAKYAT – Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan bahwa negara miskin jauh tertekan akibat koflik Rusia dan Ukraina.

Febrio menjelaskan bahwa tekanan tersebut terjadi akibat Barat memberlakukan sanksi kepada Rusia setelah perang di Ukraina meletus.

“Hal itu terjadi karena sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh negara-negara besar terhadap Rusia telah memberikan tekanan pada perdagangan global,” kata Febrio.

Tekanan tersebut menyebabkan tingkat inflasi di negara berkembang dan miskin naik, selain itu pasokan komoditi pun terganggu.

Baca Juga: Ditangani Dokter Terawan, Tukul Arwana Bakal Kembali Menghibur Masyarakat di Layar Kaca?

“Kami melihat harga komoditas global, termasuk makanan dan energi melonjak sebagai dampak tambahan pada rantai pasokan global,” katanya.

Sementara itu, inflasi di negara-negara maju diproyeksi meningkat sebesar 1,8 persen, sementara negara berkembang sebesar 2,8 persen.

Untuk itu Febrio menegaskan Presidensi G20 Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjawab tantangan di situasi seperti ini.***


https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-014560643/kemenkeu-sanksi-ekonomi-negara-barat-pada-rusia-menekan-negara-miskin

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi