Kemenkes Putar Otak Genjot Vaksinasi Covid Dosis Kedua

1 April 2022, 11:12

RM.id  Rakyat Merdeka – Program vaksinasi Covid-19 untuk dosis primer masih terus digenjot. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) optimistis vaksinasi dosis kedua akhir bulan April bisa mencapai 70 persen dari jumlah penduduk.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan, target 70 persen yang dipatok merupakan standar yang diberlakukan World Health Organization (WHO). Saat ini, capaian vaksinasi dosis primer dosis kedua baru mencapai 58 persen.

“Kalau melihat laju suntikan kita untuk dosis satu, jika dilihat dari populasi sudah 72,5 persen. Untuk dosis kedua 58,4 persen,” kata Maxi di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Gandeng TNI, Seknas Jokowi Genjot Vaksinasi Booster Untuk Rakyat

Dia berharap, April ini, target WHO yakni 70 persen dari jumlah penduduk bisa terealisasi. Indonesia masih kurang sekitar 12 persen.

“Kalau mengukur dari laju per hari maka April sudah sesuai target WHO. Maka Juni, yang dosis primer harusnya sudah 70 persen. Saya kira dosis kedua bisa tercapai April,” bebernya.

Kemenkes sudah mengevaluasi sasaran-sasaran vaksin di setiap daerah. Antara target penerima vaksin dan jumlah dosis vaksin sudah diatur agar vaksin yang dipasok bisa sesuai kebutuhan.

Berita Terkait : Kepri Siap Jadi Hub Barat, Teten Genjot Ekspansi Produk Lokal

Jika WHO menargetkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 70 persen dari populasi Indonesia mampu melewati target tersebut. Saat ini sudah 72 persen.

“Kami mengambil target dosis pertama 75 persen. Karena target WHO 70 persen, itu target minimal. Saat ini sudah terealisasi 72 persen,” terang Maxi.

Sementara, untuk dosis kedua pihaknya masih berusaha keras melewati target WHO. Skenario yang dibuat tetap sesuai kemampuan daerah. Pasokan vaksin yang dikirim juga sesuai permintaan.

Berita Terkait : Apical Group Dan Tanoto Genjot Vaksinasi Anak Di Medan

“Kami membuat skenarionya. Tidak menunggu Juni tercapai. April ini laju suntikan per hari harus 850 ribu per hari, itu untuk dosis dua,” jelasnya.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/nasional/118672/kejar-target-who-kemenkes-putar-otak-genjot-vaksinasi-covid-dosis-kedua

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi