Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Masih Aman

23 October 2022, 9:55

KBRN, Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) memastikan bahwa stok vaksin Covid-19 di Indonesia masih tersedia. Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono mengatakan, kelangkaan vaksin yang terjadi di sejumlah wilayah akibat permasalahan distribusi.
“Jadi sebenarnya vaksinnya enggak kosong, vaksinnya ada. Cuma distribusinya yang saat ini, kemarin sempat terkendala,” ujar Dante saat ditemui di Jakarta, Sabtu (22/10/2022).
Saat ini, kata Dante, pemerintah tengah berupaya mempercepat proses distribusi, sekaligus menambah stok vaksin yang ada. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kapasitas produksi vaksin Covid-19 buatan dalam negeri.
Diketahui, Vaksin Indovac yang diproduksi di dalam negeri sudah mendapat izin penggunaan untuk dosis satu dan dua. Sedangkan untuk boster, lanjut Dante, masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
“Kami berharap bahwa nanti ujung tombak booster itu vaksin produksi dalam negeri. Sehingga, kita punya booster atau resiliensi, atau ketahanan untuk membuat vaksin ini di produksi oleh kita sendiri, tidak bergantung oleh negara lain,” katanya.

Media

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi