Kemenag RI Minta Tim Advance Maksimalkan Waktu untuk Koordinasi Dengan Berbagai Pihak Penyelenggara Ibadah Haji di Arab Saudi

30 May 2022, 11:15

Kemenag RI Minta Tim Advance Maksimalkan Waktu untuk Koordinasi Dengan Berbagai Pihak Penyelenggara Ibadah Haji di Arab Saudi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag RI) telah menerbangkan tim advance tahap I untuk menyiapkan operasional penyelenggaraan ibadah haji bagi Jemaah Calon Haji atau JCH Indonesia yang akan berangkat pada kloter pertama.

Tim advance tahap I sendiri terbagi atas dua tim dengan jumlah 30 orang petugas. Tim pertama dengan jumlah 14 petugas ibadah haji telah diterbangkan menuju Jeddah pada Minggu (29/5/2022) kemarin.

“Tahap dua akan berangkat pada Selasa, 31 Mei 2022 dengan jumlah 16 petugas,“ ucap Direktur Jenderal PHU Kemenag, Hilman Latief dikutip dalam keterangannya pada Senin (30/5/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bina Haji, Arsyad Hidayat yang didamping Kasubdit Petugas Haji Suvianto ketika melepas tim advance tahap I di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta mengatakan, tim advance diberangkatkan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

“Mereka terdiri dari para Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Bandara. Selain itu, ikut berangkat juga para Kepala Bidang (Kabid) Layanan Akomodasi, Konsumsi, Transportasi, Kesehatan dan sejumlah pelaksana serta penghubung layanan,“ kata Arsyad.

Arsyad menegaskan keberangkatan 14 petugas yang tergabung dalam tim advance tahap I ini untuk melakukan pengecekan akhir seluruh persiapan bagi JCH Indonesia.

“Mereka (tim advance) yang berangkat lebih awal akan melakukan pengecekan dan make sure (meyakinkan) seluruh layanan di Arab Saudi yang sudah dipersiapkan dengan maksimal, baik akomodasi, konsumsi, dan transpotasi maupun kesehatan,“ tegasnya.

Arsyad berharap tim advance tahap I ini dapat memanfaatkan waktu dengan baik untuk koordinasi dengan segala pihak penyelenggara ibadah haji.

“Kami berharap dengan waktu yang ada di awal, tim advance bisa melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder penyelenggaraan ibadah haji yang ada di Arab Saudi, baik ke Kementerian Haji, Muasassah, Gaca, Naqabah, Wukala, Muasassah Adila dan stakeholder haji lainnya,” harap Arsyad.

Sementara untuk Petugas Haji Indonesia Daker Madinah dan Bandara dijadwalkan terbang pada Rabu (1/6/2022) dan petugas Daker Makkah akan terbang pada Kamis (9/6/2022) mendatangkan untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji bagi Jemaah Calon Haji atau JCH Indonesia. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411488/kemenag-ri-minta-tim-advance-maksimalkan-waktu-untuk-koordinasi-dengan-berbagai-pihak-penyelenggara-ibadah-haji-di-arab-saudi

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi