Kekhawatiran Stagflasi Bikin Rupiah Lesu ke 14.464 per Dolar AS

8 June 2022, 10:58

Sebelumnya, Pada perdagangan Selasa (7/6/2022) Rupiah ditutup melemah 8 poin walaupun sempat melemah 20 poin di level Rp 14.454. Sedangkan, pada penutupan perdagangan sebelumnya Rupiah berada di posisi 14.446.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, Rupiah berpotensi melemah pada perdagangan Rabu, 8 Juni 2022.

“Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 14.440 hingga Rp 14.490,” kata Ibrahim dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 Juni 2022.

Secara internal, pergerakan rupiah Selasa pekan ini disebabkan oleh Indonesia yang memiliki prospek ekonomi cukup menjanjikan di tengah situasi perekonomian global saat ini yang mengalami banyak guncangan. 

Misalnya, terkait perang Rusia dan Ukraina yang akhirnya menyebabkan Ukraina membatasi ekspor sejumlah komoditas pangan. Indonesia tidak akan terimbas signifikan dengan adanya larangan ini. Hal ini terbukti dengan membaiknya PDB kuartal I 2022 sebesar 5,01 persen.

Kemudian, apabila sektor publik tidak mampu mempertahankan keamanan pangan, ada beberapa peran yang dapat dilakukan pemerintah melalui pengadaan publik (public procurement) dan kepemilikan publik (public ownership). 

Hal ini dapat dilakukan melalui reformasi kelembagaan yang tujuannya menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk pengelolaan rantai pasokan.

Selain tantangan distribusi pangan, pasar berkembang (emerging market) juga mengalami tantangan lain dalam 35 tahun terakhir.

Setiap kali Amerika Serikat (AS) menaikkan tingkat suku bunga, di mana menyebabkan volatilitas dan pasar global menekan mata uang, perekonomian negara yang bergantung pada aliran modal global menjadi sulit karena tingkat suku bunganya mengikuti tren global.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4981233/kekhawatiran-stagflasi-bikin-rupiah-lesu-ke-14464-per-dolar-as

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi