Kejar Target 1 Juta Barrel Minyak per Hari di 2030, Ini Upaya Pemerintah

17 June 2021, 18:05

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam acara Oil And Gas Investment Day pada Kamis (17/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah menargetkan produksi minyak bumi sebanyak 1 juta barrel per hari dan 12 miliar kaki kubik per hari gas bumi (bscfd) pada tahun 2030.

Penciptaan iklim investasi yang menarik pun terus dilakukan sebagai upaya untuk mencapai target itu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, saat ini sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) antar negara mengalami persaingan yang ketat, khususnya dalam hal mendapatkan investasi.

Baca juga: Harga Minyak Mentah RI Melonjak Jadi 65,49 Dollar AS Per Barrel di Mei 2021

Menurutnya, kondisi ini tak lepas dari tren global dan lokal yang muncul, seperti revolusi minyak serpih (shale oil) di Amerika Serikat, transisi energi, pandemi Covid-19 dan harga minyak yang rendah.

“Kita harus membangun kesadaran bahwa kita sedang bersaing dengan negara-negara penghasil minyak lain di seluruh dunia untuk mendapatkan investasi dan oleh karena itu kita harus memperbaiki iklim investasi kita,” ungkap Arifin dalam acara Oil And Gas Investment Day yang ditayangkan secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Ia menjelaskan, menurut perusahaan konsultan migas seperti Woodmac, IHS atau Rystad, Indonesia dianggap sebagai tempat yang menarik untuk investasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daya tarik tersebut lebih didorong oleh prospek sumber daya migas.

Sementara pada sistem fiskal dan risiko minyak dan gas, masih perlu adanya banyak perbaikan oleh pemerintah.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Indonesia di April Turun Jadi 61,96 Dollar AS Per Barrel

Maka untuk meningkatkan iklim investasi dan menarik investor, lanjut Arifin, pemerintah Indonesia akan meluncurkan syarat dan ketentuan baru yang diharapkan lebih kompetitif dan menyukseskan putaran lelang wilayah kerja (WK) migas tahun ini.

Selain itu, guna mewujudkan target tersebut dirinya mengajak seluruh pemangku kepentingan berkontribusi dalam mengembangkan sektor migas di Indonesia.


https://money.kompas.com/read/2021/06/17/175718926/kejar-target-1-juta-barrel-minyak-per-hari-di-2030-ini-upaya-pemerintah

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi