Kejar Booster, Door to Door Vaksinasi Lansia

13 January 2022, 8:44

KBRN, Medan: Pemerintah Kota Medan terus mengejar capaian vaksinasi bagi lanjut usia (lansia), untuk dapat melaksanakan vaksinasi booster atau dosis ketiga. Kota Medan hingga kini belum dapat melakukan vaksinasi booster karena capaian vaksinasi lansia masih di bawah 60 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah optimistis dalam pekan ini vaksinasi booster dapat dilakukan di ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tersebut. Sebab capaian vaksinasi lansia sudah 59,19 persen.

“InsyaAllah (vaksinasi booster), karena ini sekarang kita sudah 59,19 persen (vaksinasi lansia),” kata Taufik kepada RRI.co.id, di Medan, Rabu (12/1/2022).

Taufik menuturkan, lambatnya capaian vaksinasi lansia di Kota Medan membuat pihaknya bersama instansi terkait melakukan jemput bola dengan door to door untuk melakukan vaksinasi terhadap lansia.

“Seluruh puskemas, TNI Polri, kepala lingkungan, camat, lurah, bersama-sama mencari lansia agar tercapai, sehingga bisa langsung bisa laksanakan vaksinasi booster,” ujarnya.

Diakui Taufik, vaksinasi door to door ini berdampak besar pada peningkatan capaian. Meskipun masih ada penolakan, namun sebagian besar lansia bersedia divaksinasi. Menurut Taufik, penolakan tersebut disebabkan ketakutan karena pemahaman yang kurang tepat terkait vaksinasi.

“Kalau yang menolak kita mediasi bersama-sama supay mereka mau divaksin. Banyak yang mau divaksin, cuma karena mendengar sesuatu jadinya takut, sudah tua, ada penyakit, dan sebagainya, itu kita edukasi,” jelasnya.

Dikatakan Taufik, percepatan vaksinasi lansia ini juga untuk mengejar vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk kepentingan pembelajaran tatap muka (PTM). 

Diketahui, syarat daerah untuk dapat melaksanakan vaksinasi booster adalah tercapainya vaksinasi dosis 1 sebesar 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen. Selain Kota Medan, tiga kabupaten/kota di Sumut juga belum dapat melaksanakan vaksinasi booster karena belum tercapainya vaksinasi lansia. Tiga daerah tersebut adalah Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Padanglawas dan Kota Padangsidimpuan.


https://rri.co.id/daerah/1323014/kejar-booster-door-to-door-vaksinasi-lansia?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi