Kejagung Tangkap Buron Korupsi Tukar Guling Tanah Pemprov Jateng

31 May 2022, 10:09

Jakarta: Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap Rustamadji, Senin, 30 Mei 2022. Ia merupakan mantan Direktur PT Handayani Membangun sekaligus buron kasus korupsi tukar guling aset tanah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah di Kabupaten Semarang.
 
“Ditangkap di wilayah Wringin Putih, Bergas, Kabupaten Semarang,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana melalui keterangan tertulis, Selasa, 31 Mei 2022.
 
Rustamadji masuk daftar pencarian orang (DPO) Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Semarang telah memvonis Rustamadji bersalah melakukan korupsi dalam tukar guling (ruislag) aset tanah Pemprov Jawa Tengah pada 3 Februari 2014.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp2,5 miliar,” ungkap dia.
 
Baca: Dalami Kasus Korupsi Penyalahgunaan Fasilitas KITE, Kejagung Periksa 3 Saksi
 
Melalui putusan Nomor N.126/Pid.Sus/2013/PN/Tipikor.Smg, majelis hakim menghukum Rustamadji pidana penjara 6 tahun dan denda Rp200 juta. Menurut Ketut, penangkapan dilakukan karena terpidana tidak datang memenuhi panggilan eksekusi pihak Kejaksaan.
 
“Selanjutnya, tim bergerak cepat untuk melakukan pemantauan terhadap terpidana dan setelah dipastikan keberadaannya, tim langsung mengamankan terpidana dan segera dibawa ke Kejari Kabupaten Semarang untuk dilaksanakan eksekusi,” ujar Ketut.
 
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin meminta jajarannya memantau dan menangkap buronan yang masih berkeliaran untuk dieksekusi. Hal ini diperlukan guna menciptakan kepastian hukum.
 
Ia mengimbau seluruh DPO Kejaksaan segera menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Karena tidak ada tempat yang aman bagi para buronan,” ucap Burhanuddin.
 

(AGA)


https://www.medcom.id/nasional/hukum/JKR3ZrwN-kejagung-tangkap-buron-korupsi-tukar-guling-tanah-pemprov-jateng

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi