Kecam Konflik Global, Wapres: Indonesia Dukung Palestina, Suarakan Perdamaian di Ukraina

31 May 2022, 7:46

https: img.okezone.com content 2022 05 31 337 2602909 kecam-konflik-global-wapres-indonesia-dukung-palestina-suarakan-perdamaian-di-ukraina-jrClBgArv1.jpg

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan Indonesia mengecam segala bentuk konflik baik kekerasan dan agresi di belahan dunia manapun. Hal itu diungkapkan Wapres saat menghadiri Silaturahmi Kebangsaan dan Halal Bi Halal Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) se-Indonesia secara virtual, Senin (30/5/2022).

BACA JUGA: Wapres Ingatkan Umat Islam Jangan Bagai Buih di Lautan, Jumlah Banyak Tapi Tak Berarti 

“Di tataran Global, kita terus menyaksikan berbagai krisis kemanusiaan terjadi di dunia. Perang yang berkecamuk, konflik, maupun diskriminasi terhadap orang-orang yang dinilai memiliki keyakinan dan pandangan yang berbeda,” kata Wapres dikutip dari kanal Youtube ICMI, Selasa (31/5/2022).

Wapres mengatakan Indonesia sebagai salah satu negara muslim terbesar pun telah membuktikan perannya untuk menyuarakan perdamaian dunia. Salah satunya dengan tetap memberikan dukungan kepada Palestina dan menyuarakan perdamaian Ukraina.

“Indonesia sebagai negara muslim telah membuktikan perannya secara Global dengan tetap mendukung Palestina, menyuarakan perdamaian di Ukraina, serta mengecam segala bentuk kekerasan dan agresi di belahan manapun di dunia,” tegas Wapres.

Wapres pun menegaskan bahwa Indonesia senantiasa menjalankan amanat pembukaan Undang-Undang 1945 dengan terus memperjuangkan hak kemerdekaan bagi bangsa-bangsa, bersikap bebas aktif dan mencari solusi damai.

Oleh karena itu, Wapres mendorong agar para cendekiawan muslim Indonesia sepatutnya memiliki Islamic worldview yaitu cara memandang berbagai hal mulai dari pekerjaan, aktivitas, hukum, ilmu pengetahuan dan lainnya, dari sudut pandang Islam.

“Sumbangsih pemikiran dan kolaborasi dari cendekiawan muslim akan sangat diperlukan untuk mencari solusi atas isu-isu yang dihadapi dunia, salah satunya dengan cara aktif berpartisipasi di forum Internasional. Karena apa yang terjadi di dunia dapat mempengaruhi kehidupan di dalam negeri kita,” ungkap Wapres.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/31/337/2602909/kecam-konflik-global-wapres-indonesia-dukung-palestina-suarakan-perdamaian-di-ukraina?page=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi