Kecam Klaim China Atas Laut Natuna Utara, Syarief Hasan: Melecehkan Kedaulatan NKRI

17 September 2021, 11:59

Kapal penjaga pantai China telah diizinkan untuk menggunakan senjata kepada kapal asing yang memasuki perairan secara ilegal, termasuk di Laut Natuna Utara.

PIKIRAN RAKYAT – Wakil Ketua MPR Syarief Hasan prihatin dan menyesalkan agresivitas China yang mengklaim kawasan Laut Natuna Utara melalui doktrin sembilan garis putus-putus yang mereka yakini sebagai warisan tradisional masa lampau.

China masih ngotot meskipun telah berulang kali keyakinan atas kepemilikan Laut Natuna Utara sudah dimentahkan dalam berbagai Putusan Hukum Internasional.

Menurut Syarief Hasan, tindakan China jelas menunjukkan langkah provokatif yang pantas untuk dikecam.

Posisi Indonesia tegas bahwa hak Indonesia atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di LCS sejalan dengan Hukum Laut Internasional 1982. Sikap ini juga didukung oleh putusan Mahkamah Internasional pada tahun 2016.

Baca Juga: Ribuan Kapal China Merangsek ke Teritori Indonesia di Laut Natuna Utara dan Tak Terdeteksi Radar, Kenapa Bisa?

“Upaya klaim dan pemaksaan kehendak yang dilakukan China menunjukkan sikap agresif China yang tidak menghormati kedaulatan negara lain. Ini jelas tindakan mentang-mentang yang tidak boleh dibiarkan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa China merasa sebagai penguasa dunia yang dapat melakukan tindakan intimidatif.

Politisi senior Partai Demokrat itu berpandangan bahwa aturan maritim baru yang telah disahkan oleh Pemerintah China merefleksikan klaim sepihak China atas perairan di Laut Natuna Utara.

Dalam aturan tersebut, Angkatan Laut dan Penjaga Pantai China merasa berhak dan berwenang menghalau atau menolak masuknya kapal dari negara lain di Laut Natuna Utara dengan alasan mengancam keamanan nasional China.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012616353/kecam-klaim-china-atas-laut-natuna-utara-syarief-hasan-melecehkan-kedaulatan-nkri

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi