Kasus Tes Usap Palsu RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab Bacakan Duplik Pagi Ini

17 June 2021, 2:41

Rizieq Shihab membacakan pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis 10 Juni 2021. Dok. pengacara

TEMPO.CO, Jakarta – Terdakwa kasus tes usap palsu RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab, akan membacakan duplik pagi ini di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Duplik tersebut merupakan jawaban dari replik yang dibacakan oleh jaksa penuntut umum atau JPU pada Senin kemarin. 

“Pembacaan duplik digelar pukul 09.00 WIB,” ujar Humas PN Jakarta Timur Alex Adam Faisal kepada Tempo, Rabu, 16 Juni 2021.

Alex menjelaskan, sidang itu hanya boleh dihadiri oleh beberapa orang. Bagi masyarakat yang ingin memantau jalannya persidangan, maka dapat menyaksikannya secara streaming di kanal YouTube Pengadilan Negeri Jakarta Timur. 

Sebelumnya, Rizieq Shihab dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum untuk kasus dugaan tes swab palsu RS Ummi Bogor. Dalam tuntutannya, jaksa menjerat Rizieq dengan Pasal 14 ayat (1), ayat (2), Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana menyebarkan berita bohong.

Dalam sidang replik Senin lalu, JPU membantah sejumlah tudingan Rizieq Shihab dalam pleidoinya. Salah satunya mengenai tudingan JPU menghina saksi yang dihadirkan kubu Rizieq.

Rizieq menuding hal tersebut setelah JPU menyatakan pihaknya akan mengesampingkan pernyataan saksi Refly Harun yang didapuk menjadi saksi ahli. Alasannya, jaksa menganggap Refly tidak berkompeten. 


https://metro.tempo.co/read/1473432/kasus-tes-usap-palsu-rs-ummi-bogor-rizieq-shihab-bacakan-duplik-pagi-ini

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi