Kasus Pemukulan WNA Tahap Mendengar Saksi

18 June 2021, 10:40

KBRN, Jakarta: Sidang kasus penganiayaan yang melibatkan seorang warga negara asing (WNA) dengan warga negara Indonesia kini telah memulai babak baru. 

Sebelumnya seorang WNA bernama Wenhai Guan divonis bersalah telah melakukan penganiayaan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, kini Wen Hai Guan menjadi saksi korban dalam peristiwa yang sama. 

Andy Cahyady, seorang WNI yang awalnya menjadi korban, dalam persidangan Kamis (17/6/2021) malam di Pengadilan Jakarta Utara berbalik menjadi terdakwa. 

Sementara itu, Penasihat hukum Andy Cahyady di persidangan menunjukkan bukti adanya ancaman yang dilakukan oleh saksi korban terhadap terdakwa sehari sebelum peristiwa penganiayaan terjadi. 

Penasihat hukum Andy Cahyadi, Muhammad Aditya Pramana mengatakan dari bukti adanya ancaman tersebut menunjukkan bahwa justru saksi korbanlah yang melakukan pengancaman terhadap Andy Cahyady. 

“Lalu terjadi penganiayaan pada 17 Agustus 2018  lalu, sebagaimana Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang diperkuat Pengadilan Tinggi DKI Jakarta,” kata Aditya, saat ditemui di PN Jakarta Utara, Kamis (17/6/2021). 

Kemudian dalam persidangan korban mengatakan kejadian pemukulan pada 17 Agustus 2018 terjadi pada jam 21 malam, sementara dalam dakwaan disebutkan kejadian tersebut terjadi pada jam 23 malam.

“Kalau dalam surat dakwaan itu disebutkan jam 23, tadi saya tanyakan saksi kejadian jam 21.00. itu jelas ada perbedaan. kejadian pada jam 21 itu dulu sebelumnya sudah disidangkan dan diputuskan saksi atas nama Wen Hai Guan ini dinyatakan bersalah oleh majelis hakim” terang M. Israq, penasihat hukum Andy Cahyady. 

Sementara Wenhai Guan dalam kesaksiannya tetap membantah telah melakukan pemukulan. Sidang kembali akan digelar pada tanggal 30 Juni 2021 untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi.

Sebelumnya diberitakan, asus ini terjadi pada tanggal 17 Agustus 2018 di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Saat itu terdakwa diduga telah menghadang dan memukul korban Andy Cahyady yang hendak masuk rumah pacarnya saksi Zang Hong.

Atas pemukulan itu korban melakukan pemeriksaan ke RS Pluit. Hasil visum menyebutkan ada luka pada bagian bibir korban.


https://rri.co.id/nasional/hukum/1082896/kasus-pemukulan-wna-tahap-mendengar-saksi?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi