Kasus Kecelakaan di Perlintasan Sebidang KA Daop 5 Purwokerto Terus Menurun

3 November 2021, 12:12

Sosialisasi keselamatan berlalu lintas di perlintasan sebidang KA Tanjung, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

BANYUMAS, KOMPAS.com – Kasus kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api (KA) wilayah Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, dalam tiga tahun terakhir terus menurun.

Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, tahun ini hingga awal November tercatat 29 kali kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia satu orang.

“Mudah-mudahan sampai akhir tahun yang tinggal dua bulan lagi tidak terjadi kecelakaan,” kata Daniel di sela sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang JPL nomor 382, Kaliwangi, Kabupaten Banyumas, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Perlintasan Sebidang di Jalan Perjuangan Bekasi Ditutup, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya

Daniel memaparkan, kasus kecelakaan di perlintasan sebidang tahun ini berkurang dibanding tahun lalu sebanyak 29 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia lima orang.

“Teman-teman bekerja terus sehingga kecelakaan di perlintasan sebidang maupun jalur KA terus menurun. Tahun kemarin 29 kasus, tahun sebelumnya lagi sampai 60-an,” jelas Daniel.

Lebih lanjut Daniel mengatakan, untuk meningkatkan faktor keselamatan PT KAI terus melakukan koordinasi dengan DJKA Kemenhub dan pemkab terkait penutupan sejumlah perlintasan sebidang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini pemerintah juga secara bertahap membangun fasilitas flyover ataupun underpass di sejumlah titik untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang.

Baca juga: Sering Bantu Warga Evakuasi Ular, Nenek Asal Purwokerto Dijuluki Ratu Ular, Ini Ceritanya

Daniel mengatakan, saat ini total perlintasan sebidang di wilayah Daop 5 Purwokerto sebanyak 195. Rinciannya 109 perlintasan terjaga dan 86 lainnya tidak terjaga.

Untuk menekan kasus kecelakaan, kata Daniel, PT KAI Daop 5 tahun ini telah menutup 21 perlintasan sebidang liar.

“Kami berharap masyarakat dapat lebih disiplin dalam berlalu lintas, menyadari dan memahami juga fungsi perlintasan, sehingga angka kecelakaan dan korban dapat ditekan,” ujar Daniel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://regional.kompas.com/read/2021/11/03/112203778/kasus-kecelakaan-di-perlintasan-sebidang-ka-daop-5-purwokerto-terus-menurun

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi