Kasus Eksploitasi dan Perdagangan Orang Meningkat Selama Pandemi, Kemen PPPA: Ada Kebutuhan Soal Ekonomi

3 November 2021, 12:00

Ilustrasi. Deputi Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA Nahar kasus eksploitasi terhadap anak dan perdagangan orang meningkat selama pandemi.

PIKIRAN RAKYAT- Selama pandemi Covid-19, kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memaparkan bahwa kasus tindak pidana perdagangan Orang (TPPO) serta eksploitasi terhadap anak meningkat secara signifikan.

Diungkapkan Deputi Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA Nahar, pada Selasa, 2 November 2021, kasus eksploitasi dan perdagangan orang ini meningkat daripada kekerasan lainnya.

“Kenaikannya terlihat signifikan daripada kekerasan lainnya. Perkembangan di masa pandemi khususnya eksploitasi dan perdagangan anak memang tinggi,” kata Nahar di Jakarta, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Persingkat Masa Karantina untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang Divaksinasi Lengkap

Nahar mengatakan bahwa hal itu terlihat berdasarkan data yang diolah hingga 4 Oktober 2021, dari tahun 2019 hingga bulan September 2021 melalui Sistem Informasi Online Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA).

Ia memaparkan, terdapat 106 kasus eksploitasi terhadap anak pada tahun 2019, lalu meningkat pada 2020 menjadi 133 kasus, dan pada 2021 mencatat 165 kasus.

Sementara itu, untuk kasus perdagangan orang, Nahar menuturkan sebanyak 111 kasus dilaporkan pada 2019, kemudian pada 2020 meningkat menjadi 213 kasus, dan saat ini kasus tersebut berjumlah 256.

Baca Juga: Bedah Pembiayaan Proyek Kereta Cepat, Faisal Basri: Apakah Kita Tidak Didikte China?

“Karena beberapa kasus yang ditemukan ada kebutuhan soal ekonomi, kemudian pengawasan orang tua, juga ada kebutuhan lain dari anak, misalnya sekolah dan lain-lain,” tuturnya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012931864/kasus-eksploitasi-dan-perdagangan-orang-meningkat-selama-pandemi-kemen-pppa-ada-kebutuhan-soal-ekonomi

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi