Kasus Covid Naik, Razia Masker Terus Digencarkan

18 June 2021, 8:31

Kasus Covid Naik, Razia Masker Terus Digencarkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Bidang Penegakan Hukum DIY terus menggencarkan razia masker kepada masyarakat dan wisatawan di sejumlah obyek wisata di DIY. Dalam razia yang dilakukan tersebut masih ditemukan banyak wisatawan terjaring melakukan pelanggaran berkaitan dengan pemakaian masker. Pelanggaran Prokes yang dilakukan wisatawan banyak ditemui di kawasan pantai. Para pelaku pelanggaran itu bukan karena tidak memiliki masker, tapi cara pemakaiannya salah atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Saat dilakukan pengawasan rata-rata pelanggar yang kami temukan tidak memakai masker, ada yang membawa masker namun tidak digunakan, namun ada juga yang mengenakan masker akan tetapi tidak benar mengenakannya. Para pelanggar diberikan sanksi sesuai Pergub Nomor 24 Tahun 2021 Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. Sanksinya berupa sanksi sosial, ada yang disuruh menyapu, ada yang disuruh push up dan lain-lain,” kata Koordinator Satgas Covid-19 Bidang Penegakan Hukum DIY, Noviar Rahmad di Yogyakarta, beberapa waktu lalu kepada KRJogja.com.

Kepala Satpol PP DIY itu mengatakan, kenaikan kasus yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir perlu menjadi perhatian dan bahan evaluasi bersama. Untuk itu pihaknya meminta masyarakat yang didalamnya termasuk wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan minimal selalu mengenakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

Pihaknya akan terus melakukan operasi non yustisi penanganan Covid-19 terkait penerapan protokol kesehatan. Karena hanya dengan cara itu adanya penularan atau klaster baru bisa diminimalisir.

“Sejumlah upaya terus kami lakukan untuk mengantisipasi adanya penularan. Mulai dari melakukan edukasi, sosialisasi sampai mengencarkan operasi masker setiap hari dilakukan sebanyak 3 kali. Selain itu kami juga menggerakkan Linmas dan jaga warga yang ada di level mikro. Termasuk mengawasi kegiatan sosial masyarakat yang mengumpulkan orang mengajak,” terangnya.(Ria)


Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi