Kasus Covid-19 Naik, Keterisian Tempat Tidur Isolasi di Bantul Capai 90 Persen

18 June 2021, 12:12

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja mengatakan, kasus harian Covid-19 meningkat dalam lima hari terakhir.

Dikatakan Agus, peningkatan kasus Covid-19 menyebabkan keterisian tempat tidur isolasi atau bed occupancy rate (BOR) di shelter kabupaten mencapai 90 persen.

“Ini warning untuk kita bahwa positive rate masih tinggi, sehingga testing, tracing dan treatment tetap kita jalankan,” ujarnya kepada wartawan Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Muncul 4 Klaster Baru, Kasus Covid-19 di Gunungkidul Tambah 104

Adapun kapasitas tempat tidur isolasi di shelter Semaul Kapanewon Bambanglipuro sebanyak 15 tempat tidur, shelter niten 88 tempat tidur, dan shelter Patmasuri 60 tempat tidur,

Dinas kesehatan telah meminta rumah sakit untuk menambah tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kata Agus, RSUD Panembahan Senopati akan menambah sebanyak 14 sampai 18 tempat tidur pada Senin mendatang.

Pria yang akrab disapa Gus Bud ini mengaku telah menerima tawaran Gedung Pyramid Sewon milik Kalurahan Bangunharjo untuk menampung pasien Covid-19. 

“Shelter kabupaten ada tiga dan total memiliki kapasitas 250 tempat tidur dan ditambah Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) di Bambanglipuro kapasitas 50 tempat tidur. Jadi 300 tempat tidur untuk level kabupaten. Nah, shelter desa (total tempat tidur) sekitar 260, kalau sudah berjalan kan bisa memfasilitasi masyarakat yang butuh isolasi,” kata Agus.

Baca juga: BOR RS Rujukan Covid-19 Capai 75 Persen, Dinkes DIY: Sudah Warning

Sekda Kabupaten Bantul Helmi Jamharis mengatakan, sebelum menambah shelter kabupaten, pemerintah daerah akan telebih dahulu menambah kapasitas tempat tidur di shelter Patmasuri.

“Kita mau survei di kompleks gedung eks piramid, jadi masih dalam survei,” kata Helmi.


https://regional.kompas.com/read/2021/06/18/111739878/kasus-covid-19-naik-keterisian-tempat-tidur-isolasi-di-bantul-capai-90

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi