Kasus Covid-19 Melonjak, Ini Sikap 5 Organisasi Profesi Kedokteran

18 June 2021, 13:54

Kasus Covid-19 Melonjak, Ini Sikap 5 Organisasi Profesi Kedokteran

loading…

JAKARTA – Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat lima profesi kedokteran menyampaikan sikap resmi. Lima organisasi profesi kedokateran itu adalah Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

“Kami dari Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia bersama teman-teman dari lima organisasi profesi merekomendasikan lima hal,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN) dr. Syafri Kamsul Arif secara virtual, Jumat (18/6/2021).

“Saya mendapatkan tugas menstressing agar pemerintah pusat memberlakukan PPKM secara menyeluruh dan serentak terutama di Pulau Jawa,” kata Syafri yang menyampaikan sikap pertama.

Baca juga: Covid-19 Melonjak Lagi, PKS DKI: Kuatkan Kolaborasi Hadapi Pandemi

“Yang kedua, kami dari lima organisasi profesi minta agar pemerintah atau pihak yang berwenang memastikan implementasi atau penerapan PPKM yang maksimal,” ujar Ketua Pengurus Harian Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto dalam kesempatan itu.

Sikap ketiga disampaikan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dr. Sally Aman Nasution. “Ketiga, Kami dari lima organisasi profesi meminta agar pemerintah atau pihak yang berwenang melakukan percepatan dan memastikan vaksinasi tercapai sesuai standar baik,” katanya.

Baca juga: Fuad Alkhar ‘Wan Abud’ Meninggal Dunia karena Covid-19

Sikap keempat disampaikan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Pulungan. “Kami dari lima organisasi merekomendasikan agar semua pihak lebih waspada terhadap varian baru Covid-19 yang lebih mudah menyebar, mungkin lebih memperberat gejala, mungkin lebih meningkatkan kematian, dan mungkin menghilangkan efek vaksin,” ujarnya.

Selanjutnya, sikap kelima disampaikan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Isman Firdaus. “Yang terakhir bahwa agar masyarakat selalu dan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak bepergian jika tidak mendesak, menjaga kesehatan, dan menjalankan protokol kesehatan lainnya,” tegasnya.

Juru Bicara Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Erlina Burhan menegaskan bahwa kelima sikap ini layak untuk dilakukan. “Kelimanya ini sebetulnya sangat layak untuk dilakukan, tapi memang pada sebagian masyarakat menganggap ini suatu penderitaan karena banyak kali pembatasan-pembatasan,” ujarnya.

Tapi, Erlina menghimbau bahwa kita bersama-sama sebagai suatu bangsa, sama-sama menderita, yang sama-sama berusaha sangat sangat keras dan sangat maksimal dalam waktu singkat ini. “Menderita dalam waktu singkat tapi untuk kemudian bersama-sama juga dapat terbebas dari pandemi ini dan bisa menjalani kehidupan yang normal untuk waktu jangka panjang,” tegas Erlina.

(zik)


https://nasional.sindonews.com/read/459464/15/kasus-covid-19-melonjak-ini-sikap-5-organisasi-profesi-kedokteran-1623996416

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi