Kasihan Anak Kos Kalau Harga Mie Instan Naik

31 May 2022, 8:03

RM.id  Rakyat Merdeka – Siap-siap, harga mie instan bakal naik. Penyebabnya, Indonesia bergantung pada Ukraina dalam hal ketersediaan gandum yang menjadi bahan baku tepung terigu.

Saat ini, pasokan gandum terganggu akibat perang Rusia-Ukraina yang tak kunjung berakhir. Imbasnya, harga terigu di pasar bakalan naik.

Poliklitik mengunggah dua meme berkaitan dengan kenaikan harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina.

kenaikan harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina

Berita Terkait : Khofifah Ajak Warga Jatim Beli Dan Pakai Produk Lokal

Pertama, Presiden Rusia Vladimir Putin sedang menunjuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Disebutkan bahwa perang Rusia-Ukraina masih belum berakhir. Diselingi dengan dialog “Ura dan Ora”.

Kedua, bungkus mie instan Indomie goreng yang disandingkan dengan dua tangan sebagai tanda berharap. Di dalam­nya ada pernyataan jangan naik plisss.

Poliklitik mengatakan, harga gandum melonjak naik dalam beberapa bulan belakangan. Per 27 Mei, harga gandum di pasar internasional mencapai 11,58 dolar AS per bushel (setara 27,2 kilogram).

Berita Terkait : Mbappe Tak Datang, Hazard Nggak Jadi Hengkang

“Jauh lebih tinggi ketimbang harga pada pembukaan perdagangan, 3 Januari lalu, sebesar 7,58 dolar AS,” ujarnya.

Menurut Poliklitik, melonjaknya har­ga gandum dipicu oleh sejumlah hal. Pertama, meletusnya perang Rusia-Ukraina. Di mana Rusia dan Ukraina, masuk dalam 10 negara produsen gandum terbesar di dunia.

“Tahun lalu, Indonesia mengimpor 2,81 juta ton gandum dari Ukraina,” ujarnya.

Berita Terkait : Nama Anak Tak Boleh Satu Kata Kudu Gencar Disosialisasikan Ya

Kemudian, situasi diperparah dengan kebijakan Pemerintah India yang me­nangguhkan ekspor gandum mereka. Sama halnya dengan Rusia dan Ukraina, India juga termasuk produsen gandum terbesar di dunia.

“Melonjaknya harga gandum berpengar­uh pada harga sejumlah komoditi. Terutama tepung terigu yang konsumsinya terbilang besar di Indonesia,” kata dia.

“Ketika harga tepung terigu naik, maka harga berbagai bahan makanan juga bakal ‘menyesuaikan diri’. Termasuk harga makanan sejuta umat: Indomie,” tandas Poliklitik.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/nasional/126427/kasihan-anak-kos-kalau-harga-mie-instan-naik

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi