Kapolri Setuju Jalur Sepeda di Jakarta Dibongkar, Abshar Abdalla: Bike to Work Ndak Didukung Pemerintah

17 June 2021, 13:59

Ilustrasi jalur sepeda.

PIKIRAN RAKYAT – Intelektual Nadhlatul Ulama (NU), Ulil Abshar Abdalla memberikan komentar terkait rencana Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, membongkar jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, DKI Jakarta.

Diketahui Kapolri telah menyetujui pembongkaran jalur sepeda yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan Rp28 miliar saat membuat jalur sepeda permanen itu.

Menanggapi keputusan Kapolri itu, Abshar Abdalla dalam akun Twitternya menyebutkan pembongkaran jalur sepeda tersebut menunjukkan kemunduran dan akan mengirim pesan keliru kepada publik bahwa bike to work tidak didukung pemerintah.

Baca Juga: Kapolri Setuju Jalur Sepeda di Jakarta Dibongkar, Annisa Pohan: Kota Mau Maju Kok Dihalang-halangi

Usulan pembongkaran jalur sepeda itu, kalau jadi dilaksanakan, jelas “set back,” kemunduran dan akan mengirim pesan yg keliru kepada publik: bahwa “bike to work” itu ndak didukung oleh pemerintah; bhw pemerintah tidak pro-“green policy.”
Ramifikasinya bisa panjang,” tulis @ulil, Kamis, 17 Juni 2021, seperti dikutip Pikiran-rakyat.com

Di cuitan terpisah, dia juga mengkritik orang-orang yang setuju pembongkaran jalur sepeda hanya karena program Anies Baswedan.

Menurut Ulil Abshar Abdallla, program jalur sepeda penting di ibu kota dan kalau bagus harus dipertahankan dan didukung.

Saya mengkritik mereka yg setuju pembongkaran jalur sepeda di Sudirman dan Thamrin, hanya semata2 karena itu programnya Anies. Program siapapun, mau Pak Jokowi atau Anies, kalau bagus ya harus didukung.
Jalur sepeda ini di ibu kota penting. Simbol kebijakan yg pro-green,” tulisnya.

Baca Juga: Viral Wanita ber-APD Panik Bawa Pasien Covid-19 di Mobil Pribadi, Pelapor: Bandung Separah Ini?

Abshar Abdalla mengatan keberadaan jalur sepeda di ruas Jalan Sudirman-Thamrin menunjukkan kebijakan yang sehat, mengurangi kendaraan dan membatasi polusi.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012069693/kapolri-setuju-jalur-sepeda-di-jakarta-dibongkar-abshar-abdalla-bike-to-work-ndak-didukung-pemerintah

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi