Kapal Tiongkok Kembali ke Perairan Sengketa

3 November 2021, 10:33

WASHINGTON DC – Hasil citra satelit komersial terbaru menunjukkan bahwa kapal-kapal Tiongkok dalam jumlah yang amat banyak, telah kembali berada di sekitar Whitsun Reef di wilayah perairan sengketa di Laut Tiongkok Selatan (LTS) yang diperebutkan Tiongkok dan Filipina.

Berkumpulnya kapal-kapal Tiongkok ini pernah terjadi pada awal tahun ini yang kemudian memicu perselisihan diplomatik antara Beijing dan Manila.

Citra satelit dari Planet Labs yang diambil pada Senin (1/11) dan hari-hari sebelumnya, menunjukkan lusinan kapal berada dekat terumbu karang di bagian utara Union Banks di LTS. Filipina menyebut terumbu karang itu Julian Felipe yang masuk dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) milik mereka. Tetapi Tiongkok dan Vietnam secara juga mengklaim wilayah perairan tersebut.

Berdasarkan laporan institusi Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) yang berbasis di Washington DC menyatakan bahwa jumlah kapal yang terlihat dalam citra satelit di dekat Whitsun Reef telah meningkat selama tiga bulan terakhir dan kebanyakan dari kapal-kapal itu adalah milik Tiongkok.

“Kapal-kapal tersebut termasuk beberapa penjaga pantai dan kapal nelayan Vietnam, tetapi sebagian besar adalah kapal nelayan Tiongkok yang panjangnya 50 meter atau lebih. Ini dengan mudah membedakan karena kapal-kapal Vietnam lebih kecil,” ungkap AMTI.
Halaman Selanjutnya….


Redaktur : Ilham Sudrajat

Penulis : Ilham Sudrajat


https://koran-jakarta.com/kapal-tiongkok-kembali-ke-perairan-sengketa

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi