Kamaruddin tidak usah sebar hoaks

24 October 2022, 14:11

Kuasa hukum Putri Candrawathi membantah tudingan pengacara Brigadir Yosua atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, terhadap kliennya. Tudingan itu menyebut Putri Candrawathi sebagai otak pembunuhan terhadap Brigadir J.

Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah mengatakan, Kamaruddin telah bersikap tidak objektif lewat pernyataan tersebut. Febri menyebut pernyataan Kamaruddin mengarah ke informasi menyesatkan atau hoaks. Sementara perkara pembunuhan terhadap Brigadir J ini telah sampai ke meja hijau.

“Kami sudah membantah tegas pernyataan saudara Kamaruddin tersebut. Kami imbau rekan Kamaruddin memperhatikan fakta objektif dalam perkara ini dan tidak membangun asumsi baru. Kita semua juga tidak ingin ada informasi hoaks selama proses persidangan ini,” kata Febri dalam keterangan, Senin (24/10).

Menurut Febri, ada empat bukti yang dianggap dapat membantah pernyataan Kamaruddin. Empat bukti ini menunjukkan Putri sebagai korban dari tindakan Brigadir J dan dihadirkan dalam persidangan.

Bukti pertama adalah keterangan Putri Candrawathi sebagai korban kekerasan seksual dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) tertanggal 26 Agustus 2022. Bukti kedua, hasil pemeriksaan psikologi forensik Nomor: 056/E/HPPF/APSIFOR/IX/2022 tertanggal 6 September 2022.

Pada bukti ketiga ada keterangan Ahli yang tertuang dalam BAP Psikolog tertanggal 9 September 2022. Keterangan itu menunjukkan informasi yang konsisten dari Putri dan Ferdy Sambo soal peristiwa kekerasan seksual tersebut sebagai suatu tindakan yang tidak diduga serta tidak dikehendakinya.

Ada pula temuan kondisi psikologis yang buruk pada Putri berupa simtom depresi dan reaksi trauma yang akut. Pada integrasi hasil tes tidak ada indikasi ke arah malingering atau tidak melebih-lebihkan kondisi psikologis yang dialami. 

Terdapat pula informasi yang disampaikan Putri Candrawathi berkesesuaian dengan indikator keterangan yang kredibel. Informasi itu berasal dari dari BAP Reni Kusumo Wardhani selaku Psikolog halaman 18 tertanggal 9 September 2022.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi