Kalimantan Selatan Jadi Tuan Rumah MTQ 2022

16 August 2022, 20:40

KBRN, Jakarta: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional 2022 akan diselenggarakan di tiga wilayah di Kalimantan Selatan. Yaitu kota Banjarmasin, kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar dan akan dihelat selama sembilan hari (10-18/10/2022) 

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Syamsul Bahri mengatakan saat ini persiapan penyelenggaraan MTQ ke-29 ini, terus dilakukan.

“Kita terus mematangkan persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tahun 2022 di Kalimantan Selatan. Kita juga berencana mengundang perwakilan dari negara sahabat untuk hadir,” kata Syamsul di Jakarta, Selasa (16/8/2022). 

Menurut Syamsul, MTQ Nasional bukan hanya sekadar musabaqah bacaan Al-Qur’an. Melainkan juga sarana mengampanyekan moderasi beragama dan kerukunan yang telah mendarah daging di Indonesia. 

MTQ ke-29 ini akan memperlombakan 8 cabang dan 23 golongan musabaqah. Masing-masing golongan diikuti dua kategori, putra dan putri.

“Penyusunan maqra sudah selesai, dalam waktu dekat akan segera kita input ke aplikasi. Pada pertengahan Agustus 2022 ini, kita melakukan verifikasi tahap awal data yang dikirimkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi ke aplikasi E-MTQ,” kata Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty. 

Panitia pusat sudah melakukan focus group discussion untuk menentukan Dewan Hakim. Para Dewan Hakim sudah terpilih dan tengah menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri Agama sebagai pemberi mandat.

Selain musabaqah, pada MTQ Nasional 2022  akan digelar pameran berbagai produk daerah. Pameran akan dipusatkan di Kota Martapura, Kalimantan Selatan. 


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1584936/kalimantan-selatan-jadi-tuan-rumah-mtq-2022?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi