Kala Ma’ruf Amin Blak-Blakan Soal Kunci Sukses dari Santri hingga Jadi Wapres

23 October 2022, 5:16

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menerima pertanyaan dari seorang santriwati tentang kunci kesuksesannya menjadi Wakil Presiden saat berdialog dengan para santri penerima beasiswa santri Badan Amil Zakat Nasional di Jakarta, Sabtu (22/10/2022).
Dalam kesempatan tersebut, seorang santriwati dari Pondok Pesantren Sulawesi Selatan yang bernama Nabila Khairunnisa bertanya kepada Wapres tentang kunci keberhasilan dirinya, dari seorang santri hingga menjadi Wakil Presiden.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wapres merespons bahwa menjadi Wakil Presiden merupakan hal yang tidak diperkirakan sebelumnya.
“Saya menjadi Wapres itu enggak diperkirakan, nah, itu memang sudah kehendak Allah,” kata Ma’ruf yang dikutip dari Antara.

Ia pun menceritakan perjalanan kariernya, mulai dari seorang politikus hingga menjadi seorang kiai.
Diungkapkan pula bahwa dia diminta menjadi Wapres saat menjadi kiai, bukan saat menjabat petinggi partai politik.
“Saya pernah menjadi politisi, saya pernah menjadi pimpinan tertinggi dari suatu parpol. Akan tetapi, ketika itu saya tidak menjadi apa-apa, akhirnya saya (menjadi Wapres) justru (ketika berada) di jalur kiai, dan tidak ada hubungannya dengan urusan kekuasaan,” jelasnya.
Wapres juga mengatakan bahwa dirinya pernah menduduki puncak kepemimpinan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pada saat di puncak kepemimpinan dalam bidang keagamaan tersebut, ia tidak menyangka diminta menjadi Wakil Presiden.
Oleh karena itu, Wapres meyakini bahwa apabila Allah berkehendak apa pun dapat terjadi, termasuk memegang kekuasaan tertinggi nomor dua di Indonesia.
Sebelum mengakhiri dialognya dengan santri, Wapres memberikan pesan kepada santriwati tersebut untuk fokus mengejar ilmu dan berjuang di jalur mana pun yang dikehendaki Allah, serta senantiasa meluruskan niat di jalan Allah.Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2022 yang berlangsung di Kantor Menko Polhukam Jakarta. Menurut Wapres, kaum santri memiliki peran penting dalam mempertahankan semangat cinta Tanah Air dan memegang teguh ideolo…

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi