Jurus Prabowo Bagi RI Hadapi Tantangan Global: Kuncinya, Kerja Sama & Rukun

16 August 2022, 18:46

https: img.okezone.com content 2022 08 16 337 2649111 jurus-prabowo-bagi-ri-hadapi-tantangan-global-kuncinya-kerja-sama-rukun-cr42omUu8L.jpg

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan kunci agar Indonesia mampu menghadapi tantangan global, yaitu kerja sama dan kerukunan di tataran masyarakat maupun para pemimpin negara.

 BACA JUGA:Jaksa Agung Beri Karpet Merah ke KPK Periksa Surya Darmadi Tersangka Korupsi Rp78 Triliun

Menurut Prabowo, prestasi yang telah dicapai oleh Indonesia di tengah tantangan yang ada perlu disyukuri, tetapi tetap harus waspada. Hal ini disampaikannya seusai menghadiri penyampaian pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI oleh Presiden Joko WIdodo pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

“Tadi pesan Presiden, kita waspada, kita hati-hati, seluruh dunia menghadapi situasi yang tidak menentu, krisis pangan, krisis energi dampak dari perang Ukraina, situasi geopolitik kita harus waspada,” ujarnya.

Prabowo mengatakan bahwa dengan situasi ini, maka kekompakan dan persatuan menjadi hal yang penting.

 BACA JUGA:Polisi Meringkus 6 Pelaku Curanmor yang Kerap Beraksi di Wilayah Kabupaten Bekasi

“Yang kuncinya kita gotong royong, kita kompak, kita rukun, kita bersatu, percaya kepada pimpinan, Insya Allah kita bisa atasi semua tantangan,” jelasnya.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut seluruh dunia sedang menghadapi ujian, karena krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi.

Hal itu mengakibatkan 107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya jatuh bangkrut. Selanjutnya, diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Namun, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global, bahkan menjadi negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19.

“Termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan,” kata Jokowi.

 BACA JUGA:Densus 88 Dikabarkan Tangkap Terduga Teroris di Jambi

Ditegaskan pula bahwa capaian-capaian tersebut patut disyukuri karena fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedang bergolak.

“Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun, di sisi lain agenda-agenda besar bangsa harus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju,” tegas Jokowi.


https://nasional.okezone.com/read/2022/08/16/337/2649111/jurus-prabowo-bagi-ri-hadapi-tantangan-global-kuncinya-kerja-sama-rukun?page=1

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi