Jumlah Penumpang KM Ladang Pertiwi yang Karam Diduga Lebih 42 Orang

30 May 2022, 9:52

Senin, 30 Mei 2022 – 08:23 WIB

VIVA – Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) bersama tim forensik DVI Polda Sulawesi Selatan mendirikan posko induk untuk mengumpulkan informasi serta koordinasi langkah pencarian korban KM Ladang Pertiwi 2 yang tenggelam di perairan Selat Makassar pada Kamis, 26 Mei 2022.

“Kami buka posko untuk mem-back up informasi dari keluarga korban ataupun masyarakat di lokasi tenggelamnya kapal tersebut,” ujar Staf Analis Operasi Pencarian Basarnas Sulsel Majid DJ, di posko induk, Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Minggu, 29 Mei.

Ia mengatakan, awal saat diterima kabar tenggelamnya kapal tersebut pos semula ditempatkan di KN SAR Kamajaya, dan Kantor SAR Makassar. Namun selanjutnya diputuskan posko induk dipusatkan di Pelabuhan Paotere untuk memudahkan komunikasi, baik dengan nelayan maupun pihak terkait lainnya.

Posko Induk Basarnas dan DVI Polda Sulawesi Selatan disiapkan untuk memudahkan p

Posko Induk Basarnas dan DVI Polda Sulawesi Selatan disiapkan untuk memudahkan p

Saat ditanyakan apakah diberlakukan operasi tanggap darurat mengingat sejauh ini belum ada ditemukan para korban, kata dia, Basarnas terus berkoordinasi dengan pihak terkait, serta tim posko DVI Polda Sulsel.

Mengenai perbedaan data lama disebutkan sebanyak 42 orang korban, 17 di antaranya selamat dan 25 orang dinyatakan hilang, sedangkan data terbaru yang masuk di posko Induk ada 60 orang, kata dia, itu masih data sementara, karena informasi dari nelayan dan pihak keluarga terus dikumpulkan.
 
Area pencarian diperluas

Untuk pencarian para korban yang hilang, kata Majid, sampai saat ini terus berlangsung selama dua hari usai kejadian, dan bekerja sama dengan TNI serta BPBD Sulawesi Selatan beserta nelayan.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1479647-jumlah-penumpang-km-ladang-pertiwi-yang-karam-diduga-lebih-42-orang?headline=1

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi