JS Khairen Balas Surat Ridwan Kamil, Siapkan Tisu Sebelum Baca

8 June 2022, 11:41

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penulis JS Khairen balas surat Ridwan Kamil berjudul “Surat untuk Sungai” yang diunggah di akun Instagram pribadinya beberapa hari lalu.

JS Khairen balas surat Ridwan Kamil seolah dia sebagai Sungai Aare Swiss, lokasi tenggelamnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) pada 26 Mei 2022.

JS Khairen melengkapi suratnya dengan foto Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia Praratya, dan anak perempuannya duduk di tepi sungai Aare Swiss.

Berikut surat JS Khiran untuk Ridwan Kamil yang diunggah di akun Instagram pribadinya, js_khairen pada Selasa (7/6/2022).

Surat untuk Pria Topi Bundar, dari Sungai

Suratmu sudah aku terima, ini adalah balasannya.

Ya, aku melihat putramu pergi. Tapi hei, kau mau aku ceritakan sesuatu? Saat ia hanyut, aku melihat hal lain; didikan hebat ayah dan ibunya terpampang nyata saat ia berani menyelamatkan sesama manusia. Justru akulah yang hanyut gara-gara itu. Tak banyak orang punya keberanian nan gagah begitu sekarang, hei Pria Topi Bundar. Beruntung sekali kan, aku bisa menyaksikan itu?

Aku memang dingin. Tapi entah kenapa, hari-hari belakangan hatiku hangat. Jangan salah, meski sungai begini aku juga punya hati. Aku tahu saat diam-diam kau melempar wajah, hendak menangis dan berteriak.

Hatiku hangat melihat langsung cinta seorang ayah. Aku iri pada manusia. Mana ada ayah sungai? Adanya anak sungai bukan? Ah, sungguh aku iri.

Aku memang deras, namun ada yang lebih deras rupanya. Doa orang-orang di tanah kelahiranmu yang mengiringi. Bertambah-tambah hangatnya hatiku karena doa-doa itu. Sang Mahapasti memilihku, sebagai tempat terbaik menerima kemewahan itu.

Oh ya, hari ini kau dan keluargamu sudah pulang ya? Perkenalan kita yang singkat, azanmu yang berkumandang, itu semua amat berkesan. Juga jalanmu yang rintih kala menyusuriku sebelum pulang demi terakhir kali mencari putramu. Itu memukul hatiku sekali. Semua akan aku ingat. Meski singkat, itu akan abadi.

Wahai Pria Topi Bundar, aku tak bisa berbuat banyak. Anakkmu harus pulang pada-Nya. Kau sendiri kan, yang bilang anak adalah titipan? Maka Sang Mahapasti, memintanya kembali. Jauh sebelum Ia menitipkannya pada keluargamu, jadwal pulangnya sudah ada. Kelak, kalian semua akan dipertemukan kembali.

Ini janjiku. Kapan pun nanti kau melihat sungai, janganlah bersedih. Aku sudah bisikkan ke sungai di seluruh dunia. “Hei tolong itu, kalau Pria Topi Bundar berjalan-jalan dekat kalian, tolong perlihatkan senyum anaknya.” Dan seluruh sungai kompak mengangguk. Semoga janjiku ini bisa membantu menguatkan hari-hari kalian setelah ini.

Tertanda, sungai.

J.S. Khairen, seorang anak, seorang ayah.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menulis surat berjudul ‘Wahai Sungai Aare’. Surat itu diunggah di Instagram @ridwankamil pada Sabtu (4/6/2022).

Surat Ridwan Kamil itu dilengkapi dengan video suasana di lokasi putra sulungnya, Eril terseret arus Sungai Aare.

Video itu juga memperlihatkan Ridwan Kamil azan di tepi sungai, kemudian melakukan salat gaib bersama sejumlah orang.

Berikut surat Ridwan Kamil.

Wahai Sungai Aare,

Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu.

Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu..
Bahagiakan dia dalam keindahanmu.
Selimuti dia dalam kehangatanmu.
Lindungi dia dalam kemegahanmu.
Sucikan dia dalam kejernihanmu.
Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu.

Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik dan pelindung sejatinya, Allah SWT.

Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare.

***

Innalilahi wainna illaihi rajiun,

Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz.

Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan.

Semoga Allah SWT mengangkat derajatnya dan menempatkannya di sisi terbaikNYA.

Hatur nuhun.

Di akhir suratnya, Ridwan Kamil mengatakan bahwa pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. (one/pojoksatu)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi