Jokowi Pilih KSAD jadi Panglima, Legislator: Tidak Mungkin yang Lebih Junior yang Dipilih

3 November 2021, 19:48

Jokowi Pilih KSAD jadi Panglima, Legislator: Tidak Mungkin yang Lebih Junior yang Dipilih

Suara.com – Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Syaifullah Tamliha menilai keputusan Presiden Jokowi mencalonkan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa merupakan keputusan yang sangat bijak.

Ia menilai Andika memang layak dicalonkan dibanding kepala staf lainnya. Mengingat berdasarkan urutan angkatan, Andika menjadi paling senior baik dibanding KSAL maupun KSAU.

“Keputusan mencalonkan Jenderal Andika Perkasa itu kebijakan yang sangat bijak, karena tidak mungkin Angkatan Laut yang lebih junior dari Pak Andika kemudian menduduki jabatan Panglima TNI,” kata Tamliha di Kompleks Parlemen, DPR, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Tamliha mengatakan Andika sudah familiar dengan Komisi I. Sebagai KSAD terbilang cukup lama bermitra dengan Komisi I. 

Baca Juga:
Sebut Jenderal Andika Sosok Paripurna untuk Panglima TNI, Prabowo Dukung Pilihan Jokowi

“Jabatan itu akan diberikan presiden ke Pak Andika sampe nanti pensiun di 2022 akhir, dan Pak Yudo juga akan mendapatkan kesempatan jadi Panglima TNI, setelah Pak Andika pensiun,” kata Tamliha.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar Bobby Rizaldi menilai dengan ltar belakang yang dimiliki, Andika cocok menjadi Panglima TNI.

“Pengalaman menjadi kepala staf paling lama dari 2018, banyak teroboson dalam hal penegakan disiplin prajurit, pengalaman paling lengkap bukan hanya di satuan elite, komandan lapangan sampai paspampres, intelijen di BAIS TNI. Tapi juga sempat di Departemen Pertahanan tahun 2001,” ujar Bobby.

Angkatan Laut Berikutnya

Presiden Jokowi memilih Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Baca Juga:
Pangkostrad Letjen Dudung Diprediksi jadi KSAD, Gantikan Jenderal Andika Perkasa

Lalu apa yang mendasari Jokowi menunjuk Andika ketimbang dua kepala staf dari matra laut dan udara?


https://www.suara.com/news/2021/11/03/185255/jokowi-pilih-ksad-jadi-panglima-legislator-tidak-mungkin-yang-lebih-junior-yang-dipilih

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi