Jokowi Mengaku Terima Banyak Laporan Perihal Kinerja Polri

16 October 2022, 21:40

PRESIDEN Joko Widodo menyampaikan jika dirinya banyak sekali menerima laporan terkait kinerja Polri. Hal itu disampaikan kepada 559 personel kepolisian yang ikut arahan dari Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (14/10).

Jokowi mengungkap dengan tegas mengenai banyaknya laporan dan keluhan yang diterima dari masyarakat mengenai kinerja Polri.

“Saya terlalu banyak mendapatkan laporan. Tolong ini anggota semuanya, ini diredam, kesewenang-wenangan tolong diredam, pendekatan yang represif tolong dijauhi,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapan 29,7% persepsi masyarakat terhadap kinerja Polri dipenuhi dengan pungli, lalu 19,2% cari-cari kesalahan masyarakat. Polri perlu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai penegak hukum paling dekat dengan masyarakat.

“Polri adalah institusi penegakan hukum paling dekat dengan masyarakat, paling sering berinteraksi dengan rakyat. Diingatkan anggota-anggotanya, ingatkan untuk hal yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Ingatkan mereka, jangan sampai karena ketidakcepatan kita, rasa aman dan nyaman masyarakat jadi terkurangi atau hilang,” ungkap Jokowi.

Baca juga:  Jenderal Polisi Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Pengamat Nilai Kapolri Tidak Tebang Pilih

Jokowi menambahkan soal pentingnya Polri merespon laporan masyarakat, sekecil apapun itu.

“Polri adalah pengayom masyarakat. Hal hal yang kecil, tolong dilayani betul betul. Masyarakat kehilangan sesuatu, direspon cepat. Supaya, rasa terayomi dan aman terasa,” pungkasnya.(OL-5)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi