Jokowi-KPU Sepakat Durasi Kampanye Pemilu 2024 Dipangkas 90 Hari

30 May 2022, 15:52

Senin, 30 Mei 2022 – 14:50 WIB

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 30 Mei 2022. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mewanti-wanti KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum atau Pemilu 2024.

“Presiden Joko Widodo mengingatkan KPU agar selalu berhati-hati dalam menjalankan tugas penyelenggaraan pemilu, karena penyelenggaraan pemilu itu politis,” kata Ketua KPU, Hasyim Asy’ari.

Presiden Jokowi, kata dia, mengingatkan KPU agar jangan sampai aspek teknis menjadi isu-isu politik yang tidak terkendali. Misalnya, topik tentang pendaftaran pemilih, tata kerja penyelenggaraan pemilu, proses pemungutan suara sampai rekapitulasi.

“Dan, penetapan hasil pemilu secara nasional,” ujarnya.

Selanjutnya, Hasyim mengatakan terkait kampanye itu Presiden Jokowi dan KPU berpandangan sama bahwa sebisa mungkin kampanye dipersingkat agar lebih efisien dan tidak menimbulkan masalah di masyarakat yang berlama-lama. Sehingga, kampanye akan dilangsungkan dalam durasi 90 hari.

“Titik temunya adalah kampanye pada durasi 90 hari. Ini juga nanti akan berimplikasi kepada proses-proses pengadaan dan distribusi logistik, terutama surat suara dan formulir,” jelas dia.

Kemudian, Hasyim menyebut Presiden Jokowi akan mengerahkan seluruh aparat negara guna mendukung kelancaran proses produksi dan distribusi logistik sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1479800-jokowi-kpu-sepakat-durasi-kampanye-pemilu-2024-dipangkas-90-hari?terbaru=3

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi