Jokowi: Kasus Covid-19 Dapat Dikendalikan, Umat Muslim Bisa Tarawih di Masjid

2 April 2022, 22:03

Presiden Jokowi dalam keterangannya terkait Kebijakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan Panduan Protokol Kesehatan Ramadan dan Idulfitri 1443 H, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022. Sementara itu, bagi para pejabat dan pegawai pemerintah, kegiatan buka puasa bersama dan gelar griya (open house) masih dilarang. BPMI Setpres

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pandemi Covid-19 bisa lebih dikendalikan pada Ramadan 1443 Hijriah yang jatuh pada Ahad besok, dibandingkan pada bulan puasa tahun lalu. Dengan kondisi tersebut, Jokowi mengatakan pada Ramadan kali ini masyarakat sudah dibolehkan melaksanakan ibadah salat wajib dan ibadah salat tarawih berjamaah di masjid.

“Menjelang Idul Fitri nanti bagi bapak ibu saudara-saudara sekalian yang ingin mudik juga diperbolehkan,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Sabtu, 2 Maret 2022. 

Meski aturan protokol kesehatan di bulan puasa kali ini lebih longgar, Jokowi mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin memakai masker di tempat umum. Selain itu, dia mengingatkan agar masyarakat melakukan vaksinasi lengkap atau booster sebelum melaksanakan mudik nanti. 

“Terakhir, mari kita jadikan momentum Ramadhan tahun ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Agama telah menetapkan awal Ramadan tahun ini jatuh pada Ahad, 3 April 2022.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan penetapan puasa ini diambil dalam sidang Isbat yang diikuti oleh Komisi VIII DPR, ormas Islam, dan perwakilan negara tetangga. “Ketinggian hilal di seluruh Indonesia ada pada posisi 1 derajat sampai 2 derajat, 2 menit,” kata Yaqut, Jumat, 1 April 2022. 

M JULNIS FIRMANSYAH 


https://nasional.tempo.co/read/1577788/jokowi-kasus-covid-19-dapat-dikendalikan-umat-muslim-bisa-tarawih-di-masjid

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi