Jokowi Ajukan Jenderal Andika ke DPR, Calon Panglima TNI Baru dari AD

3 November 2021, 13:35

Jokowi Ajukan Jenderal Andika ke DPR, Calon Panglima TNI Baru dari AD

MerahPutih.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto, yang akan pensiun November ini.

Kepastian ini tertuang dalam Surat Presiden (Supres) tentang pergantian Panglima TNI yang diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), siang ini.

Baca Juga:

Jenderal Andika Ikut Lepas Jokowi ke Roma, Sinyal Gantikan Marsekal Hadi?

“Pada hari ini Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” kata Ketua DPR Puan Maharani, kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (3/11).

Andika
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menuju Roma, Italia, Jumat (29/10). (Foto: Biro Pers Setpres)

Surpres Jokowi tersebut diantar langsung Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dia diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani dan para wakil ketua Dewan lainnya.

Menurut Puan, Presiden hanya mengusulkan satu nama calon Panglima TNI. Dia memastikan DPR akan memproses pengajuan calon panglima ini sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, melalui proses fit and proper test di Komisi I

Kini DPR memiliki waktu 20 hari untuk memberikan persetujuan kepada Presiden. “Kami berharap memperoleh persetujuan secepatnya agar Presiden dapat segera melantik Panglima TNI yang baru,” tutup putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 ini. Hadi menjabat sebagai orang nomor satu di TNI sejak Desember 2017 silam.

Sebelumnya ada tiga kandidat yang bakal menjadi Panglima TNI, mereka yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Jika merujuk pada matra, saat ini giliran Angkatan Laut (AL) yang mendapat giliran memegang tongkat komando orang nomor satu di TNI. Namun, Jokowi tetap memilih Andika yang berasal dari korps Angkatan Darat, meski jenderal bintang empat itu akan memasuki masa pensiun tahun depan. (Pon)

Baca Juga

Intrik Politik Masuk Dalam Pemilihan Panglima TNI


https://merahputih.com/post/read/jokowi-ajukan-jenderal-andika-ke-dpr-calon-baru-panglima-tni-dari-ad

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi