Jepang Ungkap Indonesia Rawan Serangan Teroris, BIN Minta Masyarakat tak Panik

17 September 2021, 9:35

Jepang Ungkap Indonesia Rawan Serangan Teroris, BIN Minta Masyarakat tak Panik

MerahPutih.com – Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan keamanan bagi warganya terhadap ancaman bom bunuh diri di sejumlah negara di Asia Tenggara. Salah satunya termasuk Indonesia.

Badan Intelijen Negara (BIN) menyebut, adanya peringatan dari Pemerintah Jepang terkait potensi ancaman teror di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara merupakan hal yang wajar dilakukan oleh negara lain.

Baca Juga

Jepang Soroti Ancaman Teroris di Indonesia, BNPT: Perlu Kewaspadaan Bersama

“Itu sebagai upaya untuk melindungi warga negaranya,” kata Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto kepada wartawan, Jumat (17/9).

Wawan meminta masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan dengan peringatan dari pemerintah Jepang itu. Akan tetapi BIN meminta warga untuk senantiasa waspada. Masyarakat diharapkan dapat menyikapi informasi tersebut secara bijak.

“Masyarakat tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan, namun tetap perlu untuk membangun kewaspadaan,” katanya.

Wawan mengatakan bahwa aparat keamanan senantiasa siaga untuk melindungi warga sipil. Aparat keamanan RI, kata Wawan, juga melindungi warga negara asing dari ancaman terorisme.

Aparat keamanan terus siaga dalam upaya melindungi warganya maupun warga negara asing di Indonesia. Aebagaimana warga negara juga dilindungi aparat keamanan di negara tersebut.

“Semua bekerjasama dan bersinergi secara berkelanjutan,” tuturnya.

Ilustrasi teroris. Foto: Istimewa

Wawan menekankan bahwa BIN melakukan langkah antisipatif terhadap potensi ancaman aksi terorisme. BIN juga bekerja sama dengan aparat keamanan lainnya.

BIN melakukan langkah antisipatif terhadap potensi ancaman aksi terorisme di wilayah Indonesia dengan terus mengoptimalkan deteksi dini dan cegah dini, serta mengembangkan partisipasi masyarakat melalui sistem lapor cepat.

“BIN juga bersinergi dengan aparat keamanan lainnya seperti Polri, TNI, dan BNPT guna mencegah potensi ancaman terorisme,” tegas pria yang juga pemerhati masalah intelijen ini.

Sekedar informasi, Pemerintah Jepang menerbitkan peringatan kepada warganya untuk waspada akan ancaman serangan teror di Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lainnya.

Kementerian luar negeri “Negeri Sakura” menyatakan, warganya diperingatkan untuk menjauhi tempat ibadah dan kerumunan.

Berdasarkan informasi yang diterima Tokyo, terdapat peningkatan risiko ancaman aksi teror, seperti bom bunuh diri.

Selain Indonesia, Jepang juga memeringatkan warganya yang tinggal di Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar. (Knu)

Baca Juga

Kemenlu Tegaskan Kedubes Jepang Tak Pernah Keluarkan Peringatan Ancaman Teror


https://merahputih.com/post/read/jepang-ungkap-indonesia-rawan-serangan-teroris-bin-minta-masyarakat-tak-panik

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi