Jepang Peringatkan Warganya Ancaman Teror di Indonesia, BIN Beri Respon

17 September 2021, 11:59

Ilustrasi ancaman teror.

PIKIRAN RAKYAT – Badan Intelijen Negara (BIN) menyiapkan langkah antisipatif terhadap potensi ancaman aksi terorisme di wilayah Indonesia menyusul peringatan dari pemerintah Jepang.

Berbagai upaya dilakukan untuk mengoptimalkan deteksi dini ancaman serta mengembangkan partisipasi masyarakat melalui sistem lapor cepat.

BIN juga bersinergi dengan aparat keamanan lainnya seperti Polri, TNI, dan BNPT guna mencegah potensi ancaman terorisme,” kata Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 17 September 2021.

Menurut Wawan, adanya peringatan dari pemerintah Jepang terkait potensi ancaman teror di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara merupakan hal yang wajar dilakukan oleh negara lain sebagai upaya untuk melindungi warga negaranya.

Baca Juga: Kabar Baik! Diskon PPnBM 100 Persen Mobil Diperpanjang hingga 31 Desember 2021

“Masyarakat diharapkan dapat menyikapi informasi tersebut secara bijak,” ujarnya.

Disamping itu Wawan mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan dengan adanya peringstan tersebut, namun tetap perlu untuk membangun kewaspadaan.

“Aparat keamanan terus siaga dalam upaya melindungi warganya maupun warga negara asing di Indonesia, sebagaimana warga negara kita juga dilindungi aparat keamanan di negara tersebut. Semua bekerjasama dan bersinergi secara berkelanjutan,” tuturnya.

Dalam berita sebelumnya, yang dilansir dari AP, pada Senin, 13 September 2021, pemerintah Jepang langsung memperingati warganya yang ada di beberapa negara itu untuk sementara menjauhi fasilitas keagamaan dan keramaian.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012616438/jepang-peringatkan-warganya-ancaman-teror-di-indonesia-bin-beri-respon

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi